Mamasuki Tahun Politik, Dukcapil KLU Musnahkan Belasan Ribu KTP Rusak dan Invalid

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Sahabudin (dua dari kiri), di dampingi aparat penegak hukum saat melakukan pemusnahan KTP elektronik dengan cara dibakar di depan halaman kantornya, Selasa (18/12/2102).

TANJUNG, KANALINDONESIA.COM: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Utara, Sahabudin mengaku, sebanyak 16706 KTP elektronik sudah dimusnahkan dengan cara dibakar. Hal ini dilakukannya berdasarkan instruksi dari Kementrian Dalam Negeri, karena mengingat saat ini memasuki tahun politik.

“Tentunya hal ini didasari atas beberapa kejadian, seperti pembuangan KTP yang terjadi di beberapa tempat itukan sempat viral, itulah yang kita hindari,” ungkapnya, Selasa (19/12/2012).

Ia menjelaskan, KTP yang dimusnahkan merupakan KTP yang sudah rusak atau invalid. Artinya KTP tersebut sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi. Kerusakan itu bisa dalam bentuk fisiknya seperti kelupas dan lain sebagainya, atau adanya perubahan data seperti pengganti alamat atau pindah alamat.

“Misalnya seperti yang pindah keluar daerah, secara otomatis KTPnya pasti kita tarik,” jelasnya.