Kapolres Kendal Musnahkan Ribuan Botol Miras

Ribuan botol miras di musnahkan di depan Mapolres Kendal.

KENDAL –   KANALINDONESIA.COM

Polres Kendal musnahkan 3657 botol miras dan 150 liter miras oplosan pada Jumat (21/12) setelah upacara gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2018.
Pemusnahan ribuan botol miras tersebut dihadiri Muspida Kabupaten Kendal. Aksi memusnahkan ribuan botol di depan Mapolres Kendal.

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita mengatakan bahwa miras yang dimusnahkan merupakan hasil dari kegiatan kepolisian yang ditingkatkan selama enam bulan yang lalu.

“Jumlah miras yang dimusnahkan terbilang kecil, tidak terlalu banyak. Hal ini karena karakter masyarakat kendal yang religius, sehingga masyarakat ikut membantu pihak Polri dan TNI membrantas miras di Kendal,” jelasnya.
Ia mengatakan miras-miras ini diambil dari warung remang-remang yang berada di kawasan pinggiran kota seperti warung-warung sepanjang pantura Kendal yang sering dikunjungi oleh para sopir truk dan warung-warung pinggiran kecamatan Boja.
“Sedangkan penjualnya kami tindak tegas agar mendapatkan efek jera dan masuk dalam kategori Tipiring (Tindakan Pidana Ringan) ” ungkapnya.
Ia pun mengatakan  bahwa bukan menjadi acuan banyaknya miras yang berhasil  dimusnahkan sebagai tolak ukur keberhasilan kepolisian dalam penindakan miras. Namun upaya ini sebagai bentuk penyelamatan masyarakat dari bahayanya menenggak miras.
“Rata-rata tindak kriminal dilakukan oleh para pelakuknya diawali dengan menenggak miras, oleh karena itu pemusnahan ini menjadi introspeksi diri agar tidak menggunakan miras,” katanya.
Sementara itu, Perwakilan MUI Kendal, Sajidin Nur mengatakan bahwa masyarakat diharapkan juga berpartisipasi dalam pemberantasan miras dan tidak mengandalkan pihak kepolisian dan TNI saja.
“Pihak kami hanya dapat mengapresiasi tindakan kepolisian yang secara  rutin memberantas miras agar terciptanya kendal beribadat (Bersih, Indah, Barokah Aman, Damai dan Tertib),” tuturnya.(eko)