Trenggalek Agropark Viral Hingga Dikunjungi Ribuan Wisatawan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Destinasi wisata terbaru di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, adalah Trenggalek Agropark yang berdiri megah di area seluas dua hektar , persis di sisi barat ring road jalan Sukarno-Hatta jantung kota Trenggalek.

Meski belum secara resmi di launching, namun minat pengunjung setiap harinya mampu mencapai ribuan apalagi jika cuacanya cerah. Dipicu libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, tempat ini seolah menjadi ajang kangen kampung para pemudik yang sedang berkunjung di kampung halaman.

Didik Susanto , Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek mengatakan , awalnya lahan yang kini jadi viral di media sosial ini diperuntukkan sebagai lahan Pertanian Terpadu yang resmi  digagas oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

“Awalnya lahan ini hanya sebagai percontohan hasil unggulan inovasi pertanian dan peternakan yang dimiliki daerah,”ucapnya, Selasa,(25/12) di Trenggalek.

Namun seiiring dengan respon positif dari masyarakat, maka terbukti  mulai ramai dikunjungi para wisatawan dari lokal dan luar daerah.

“Sambutan luar biasa dari warga yang akhirnya Pak Bupati minta area itu dipercantik,”lanjutnya.

Pihaknya tak menunggu lama, area tersebut dipercantik dengan monumen Pranotomongso yang mencerminkan bagaimana bercocok tanam ala tradisional ‘Galekan’ jika musim tanam masih memakai hitungan penanggalan Jawa.

“Monumen Pranotomongso murni ide Bupati Emil Dardak yang terkesan dengan nenek moyangnya yang saat akan bertanam padi memakai penghitungan dan penanggalan secara Jawa,”tandasnya.

Tak hanya itu, lulusan Fakultas Pertanian IPB ini juga melakukan perluasan lahan parkir yang kini juga sudah tidak muat , karena saban harinya ribuan pengunjung yang datang.

“Hampir tiap hari pengunjungnya bisa seribu orang, makanya    lahan parkir sepanjang 10 meter x 40  kini tidak muat,”terangnya.

Eko Joko Santoso (50),  warga asal Kecamatan Karangan yang kini berdomisil di Banyuwangi , sangat kagum saat melihat begitu indahnya panorama alami di sekitar lokasi Trenggalek Agropark.

Selain panorama juga disuguhkan akan suasana desa yang dikelilingi persawahan yang saat ini musim tanam, juga tempat ini sangat cocok untuk foto selfi

“Awalnya kita tidak tahu, tapi setelah melihat di medsos kita penasaran,”katanya.

Ternyata, memang benar, Trenggalek Agropark  sangat memberi kesan alaminya pedesaan. Dengan didalamnya terdapat beberapa inovasi pertanian yang mungkin para generasi muda saat ini sangat perlu memahami.

“Dengan Trenggalek Agropark, ketika memasuki kota Trenggalek, memberikan kesan yang sangat berbeda dan sangat indah. Kealamiannya yang menjadikan suasana ketika memasuki kota Trenggalek sangat berbeda,”pungkasnya. (ham)

WELAS ARSO