Tak Diliburkan Saat Perayaan Natal, Karyawan Mengeluh

Selamat tentang perusahaan PT.Venezia Footwear saat pulang kerja

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Kebijakan perusahaan atas hak karyawan terkait hari libur nasional saat peringatan Natal dan Tahun Baru 2019, cukup beragam. Sebagian perusahaan ada yang memilih untuk meliburkan karyawannya, namun sebagian lagi tetap bekerja dengan memberikan upah lembur kepada karyawan.

Pemandangan berbeda tampak dilakukan oleh PT Venezia Footwear. Perusahaan yang bergerak pada produsen sepatu di Desa/Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur tersebut tidak meliburkan karyawannya pada perayaan natal. Meski perayaan natal tahun ini merupakan hari libur Nasional.

Kebijakan perusahaan untuk tidak meliburkan karyawan ini, dikeluhkan oleh FF, seorang karyawan perusahaan tersebut. Bahkan ia, merasa kasihan pada karyawan, yang beragama nasrani yang seharusnya bisa berkumpul, bersama keluarganya untuk merayakan Natal, malah justru masih bekerja.

“Saya merasa kasihan dengan teman-teman yang beragama Nasrani, kan ini hari raya umat nasrani tapi kok tetap disuruh masuk, misal gak masuk ya gak apa-apa, cuma ya kepotong gaji,” kata FF, sembari meminta agar identitasnya untuk disembunyikan, Selasa (25/12/2018).

Akibat, kebijakan perusahaan yang dianggap tidak memberikan hak pada karyawan untuk merayakan hari Natal itu, FF juga khawatir, kebijakan serupa akan terulang kembali, saat perayaan hari raya umat beragama lain.

“Lha ini natalan aja bisa dia suruh masuk si bos, berarti nanti Idul Fitri bisa aja karyawan yang muslim disuruh masuk juga,” keluh FF.

Dikonfirmasi secara terpisah, pihak Personalia PT.Vinezia Footwear, Minhat, mengenai kebijakan perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya pada perayaan natal, pihak personalia, belum bersedia memberikan keterangan.

Perlu diketahui, penetapan libur Natal dan Tahun Baru ini sesuai dengan yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Sesuai dengan SKB 3 Menteri yang diteken Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri PAN-RB saat itu Asman Abnur pada Oktober 2017, pemerintah memang telah menentukan bahwa hari libur nasional saat Natal jatuh pada Selasa, 25 Desember, dikutip dari setkab.go.id. ( BEN)

WELAS ARSO