Wabup Trenggalek Harap ORARI Lebih Berkontribusi Pada Pemerintah

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sebagai Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) lokal di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memiliki peran vital. Karena sebagai jaringan komunikasi radio, ORARI bisa menembus keterbatasan blindspot seperti akses internet dalam penyebarluasan informasi mengenai kebencanaan secara cepat.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Trenggalek, H Moch Nur Arifin, saat menghadiri pelantikan pengurus baru ORARI Lokal Trenggalek periode 2019-2021 di Gedung Bhawarasa Kabupaten Trenggalek, Rabu, (9/1).

H Moch Nur Arifin melanjutkan, ORARI dinilai menjadi salah satu ‘corong’ masyarakat dalam menyebarluaskan informasi mengenai kebencanaan. Karena, topologi wilayah Kabupaten Trenggalek rawan terjadi bencana.

“ORARI memiliki peran begitu luar biasa manfaatnya. Kedepan saya mau komitmen kita kan mau membangun command centre.  Harapan saya nanti akan ada anggota ORARI yang nyanggong (jaga,red) disitu,” lanjutnya.

ORARI, masih keterangan Wabup Kabupaten Trenggalek, selama ini selalu aktif dan telah banyak berkiprah serta membantu Pemkab Trenggalek dalam penyebarluasan informasi berbagai kegiatan pemerintah daerah.

“ORARI memiliki manfaat dan peran yang begitu luar biasa dan berkontribusi terhadap pemkab,”terangnya.

Dia juga berkesempatan mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan baru Orari periode 2019-2021, dan berharap kinerja yang sudah ada bisa dipertahankan serta bisa memacu semangatnya.

”Selamat dan sukses kepengurusan baru ayo kita pacu semangat kerelawanan kita,”tandasnya.

Usai mengikuti pelantikan pengurus baru ORARI Lokal Trenggalek periode 2019-2021 seraya menerima tanda anggota kehormatan ORARI Lokal Trenggalek dengan callsign YC3MNA yang selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan seragam ORARI kepada Wakil Bupati Trenggalek oleh Ketua ORARI Jawa Timur dan Ketua ORARI Lokal Trenggalek.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dan saya akan ikut bergabung,”pungkasnya.

Ketua ORARI Jawa Timur, S.Faisal berharap para pengurus maupun anggota perwakilan wilayah yang baru dilantik segera cepat merespon setiap informasi yang terjadi di tengah masyarakat.  Terlebih kehadiran ORARI sebagai cadangan komunikasi harus bisa merespon secara cepat informasi khususnya kebencanaan.

“Peran ORARI tentang kebencanaan itu betul-betul bisa optimal di dalam membantu sebagai cadangan komunikasi secara nasional sesuai dengan penetapan peraturan pemerintah sejak 2008. Mari kita tunjukan bahwa keberadaan ORARI benar-benar terasa manfaatnya bagi negara, masyarakat secara langsung,” pungkasnya. (ndik/ham)

WELAS ARSO