Ketua KPU Kabupaten Lamongan Lantik Anggota PPK dan PPS Antar Waktu

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Imam Ghozali, melantik dan mengambil sumpah jabatan satu orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 19 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di ruang aula kantor KPU Lamongan, Kamis, (10/1/2019).

Mereka dilantik karena adanya Pergantian Antar Waktu (PAW).

Informasi yang dikumpulkan, beragam penyebab mengapa kemudian bisa dilakukan PAW, selain karena orang-orang sebelumnya telah mengundurkan diri karena sakit, punya kesibukan lain dan ada juga di PAW karena diberhentikan.

Satu di antara yang mengikuti pelantikan ini adalah Budi Irawan, yang merupakan anggota PPS Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng.

Walau sudah memiliki kesibukan lain, dia tetap bangga dan ingin serius dalam menjalankan amanah ini apalagi ini pesta demokrasi yang dilaksanakan tiap lima tahun sekali.

Saat diwawancarai Imam Ghozali mengaku kalau masa jabatan mereka yang dilantik ini sampai akhir bulan Juni 2019 saja.

Meski demikian ia menyebut semuanya berpeluang untuk dapat melanjutkan seleksi menjadi anggota PPS pada pemilihan berikutnya. Ia menyebut kalau KPU Kabupaten Lamongan tetap melakukan evaluasi terhadap kinerja PPS dan PPK diberbagai Desa dan Kecamatan.

“Memang SK PPS dan PPK ini dari kita tapi khusus untuk PPS kita memberikan mandat kepada teman-teman PPK untuk mengevaluasi kinerja mereka. Karena untuk PPS ini, PPK lah yang paling paham. Jumlah PPS saja di Lamongan ada mencapai 1.422 orang. Ini bisa di PAW karena sebelumnya ada yang sudah mendapatkan pekerjaan baru dan ada yang hasil evaluasi. Kalau masa jabatan ya memang sesuai anggaran sampai bulan Juni ini saja. Tapi semuanya berpeluang untuk ikut seleksi pada pemilihan berikutnya,” kata Imam Ghozali.

Satu orang PPK yang dilantik di sini adalah salah satu anggota PPK Sugio. Mestinya dia dilantik pada tanggal 2 Januari kemarin bersama anggota tambahan PPK yang lain. Namun, Ia baru bisa mengikuti pelantikannya sekarang karena sebelumnya tidak bisa menghadiri pelantikan dikarenakan sakit.

Sementara itu 19 orang PPS yang dilantik berasal dari 17 Desa yang ada di sebelas Kecamatan Kecamatan yakni Karanggeneng, Kembangbahu, Lamongan, Laren, Maduran, Modo, Paciran, Sambeng,Sekaran, Sugio dan Tikung.

Jurnalis: omdik/ferry

Editor : Arso