Wakil Bupati Lamongan Pastikan Dalam Waktu 3 Hari Perbaikan Rumah Korban Terdampak Puting Beliung Selesai

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten Lamongan Jawa Timur melalui Wakil Bupati Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP cepat tanggap dalam menangani bencana Angin Puting beliung di dua Kecamatan, Yakni Kecamatan Glagah dan Karangbinangun. Hal ini disebutkan Wabub Kartika saat berada di lokasi bencana pada Minggu (13/1/2019).

Seperti diketahui angin puting beliung yang disertai hujan deras sempat menghantam wilayah Kecamatan Glagah dan Karangbinangun di Kabupaten Lamongan, Sabtu sore (12/1/2019).

Sejumlah bangunan rumah, sekolah, fasilitas umum dan desa, serta pepohonan roboh. Bahkan, tenda pada pesta pernikahan salah satu warga saat itu juga ikut luluh lanta disapu angin kencang.

Kartika menyebutkan, pemerintah daerah telah menyiapkan perbaikan rumah dan fasilitas lainnya di Kecamatan Glagah, bagi yang terdampak bencana puting beliung.

“Insyallah dalam selang waktu tiga hari, setiap kerusakan-kerusakan rumah warga ataupun fasilitas pemerintahan dan fasilitas umum akan teratasi,” ujarnya saat itu.

Menurut Kartika, kondisi kerusakan yang terlihat di lapangan sebenarnya tidak seheboh atau sebesar yang di berita di medsos dan media.

“Sementara setelah dilakukan sidak total seluruh kerusakan terdapat sebanyak 52 rumah warga yang mengalami rusa akibat puting beliung. 17 rumah di antaranya di Desa Karang, sisanya di Kecamatan Glagah dan Karangbinangun. Dari 52 rumah itu, ada 4 rumah yang rusak parah,” kata Kartika.

Mengenai korban jiwa, pihaknya telah memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana puting beliung. Hanya saja mengalami luka kecil akibat runtuhan tembok.

Selain itu, mulai tidak ada kepanikan warga setelah melewati peristiwa angin puting beliung dan terlihat sudah berangsur-angsur stabil. Tidak ada dari warga satu pun berupaya mengungsi.

“Sewaktu kejadian sebenarnya ada seorang ibu yang terkena reruntuhan tembok tapi sudah bisa teratasi dan tidak ada masalah. Warga yang sempat panik juga sekarang sudah stabil, dan warga tidak ada yang mengungsi,” tambahnya.

Jurnalis : Omdik / Ferry
Kabiro : Ferry

WELAS ARSO