Puluhan Pejabat Dirotasi Jelang Emil Dilantik Wagub Jatim

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Wakil Gubernur Jatim, melakukan mutasi dan pelantikan 41 pejabat di Trenggalek.

Mutasi dilakukan secara bersama di Pendapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek pada Sabtu (10/2) malam. Beberapa pejabat yang dimutasi merupakan orang-orang yang selama tiga tahun terakhir berada pada ring satu Bupati, termasuk para ajudan, protokol dan humas.

“Terus terang ada beberapa yang mengabdi pada ring satu saya dan kinerjanya sangat baik, jadi secara etika sudah menjadi keharusan bahwa yang kinerjanya baik maka akan kami berikan tempat yang baik juga. Tapi itu tidak banyak, hanya hitungan jari,” kata Emil.

Pemilihan pejabat yang dimutasi juga telah dikomunikasikan dan mendapat persetujuan dari Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin. Emil mengatakan ada beberapa pejabat yang dimutasi merupakan usulan yang positif dari masyarakat maupun kolega.

Hal itu dinilai penting untuk menjadi perhatian karena akan menjadi menjadi formasi yang penting untuk menggenjot kinerja pemerintah daerah.

“Kalau saya tidak melakukan (mutasi) itu nanti dibilang saya meninggalkan tugas di tengah jalan. Maka saya pilih benar orang yang saya mutasi tadi. Tapi sisanya masih sangat banyak, ini hanya 10-20 persen, sisanya kami serahkan kepada penerus kami untuk menentukan tim terbaik di ring 1 beliau,” jelasnya.

Dalam proses mutasi semalam Emil juga melantik Joko Irianto sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Trenggalek dari hasil seleksi terbuka yang dilakukan sebelumnya. Pihaknya juga menampik rumor penentuan sekda tersebut ada unsur nepotisme, lantaran pejabat terpilih masih memilihi hubungan famili.

“Kalau hubungan famili bagaimana melihatnya? ini kan melalui proses seleksi, hasilnya juga terbuka. Tapi di sisi lain, dibilang ada famili ya semua yang ada di Trenggalek ini adalah famili, ini tempat kecil, dengan Pak Pariyo (Kepala BKD) mungkin juga famili,” imbuhnya.

Pihaknya berharap para pejabat yang telah dilantik dapat bekerja dengan baik untuk mendukung program pemerintah daerah. Namun Emil juga meminta pada masa transisi ini para pejabat yang dimutasi untuk melakukan komunikasi intensif kepada pejabat terdahulu maupun pejabat penggantinya.(dik/ham)

WELAS ARSO
WELAS ARSO