Dua Hari Jelang Dilantik Jadi Wagub Jatim, Bupati Emil Pamitan ke DPRD Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek, Jawa Timur, berpamitan kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten setempat sebelum dilantik dirinya menjadi wakil Gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Paranwansa pada, Rabu, (13/2) di Jakarta.

Emil menyampaikan, dirinya telah memiliki jadwal pasti  dilantik di Jakarta oleh Presiden di Istana Kepresidenan dan pada momentum itu dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas serta suatu penghormatan kepada DPRD sebagai mitra.

“Dewan bukan saja mitra tetapi satu kesatuan penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan undang-undang,”ucapnya, Senin, (11/2) di Trenggalek.

Maka,  dirinya  menyampaikan apa yang telah dilaksanakan tujuannya bukan untuk melihat kebelakang tapi ke depan bagaimana di sisa masa jabatan ini yang akan meneruskan.

“Wakil bupati dan juga DPRD  bisa sepakat hal-hal apa yang penting yang akan diinginkan bagi daerah,”lanjutnya.

Pihaknya mengakui jika dirinya yang sudah terbuka dalam menjalankan pemerintahan bersama wakilnya Moch Nur Arifin, namun banyak yang perlu dievaluasi diantara program yang seharusnya digenjot.

“Nggak semuanya yang kami jalankan tuh mulus , ada yang kurang berhasil . Ini perlu digenjot lagi atau entah disudahi itu dan  dengan objektif perlu diperlu direview,”tegasnya.

Dengan begitu program yang kini berlanjut seperti pembangunan Pasar Pon yang ditangani oleh pemerintah pusat yang akan dilanjutkan pula proyek Bendungan Bagong.

“Nilai strategisnya tinggi, maka pemkab perlu mendorong dan kehadiran saya di propinsi juga dan juga pola diskresi untuk mempercepat prosesnya,”terangnya.

Bupati Emil Dardak meminta seluruh stake holder agar merubah tradisi yang selama ini gampang merubah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah disahkan. Sehingga pola pembangunan tidak terarah karena sering berganti disesuaikan kepentingan pribadi ataupun golongan.

“Pola ini harus berganti dengan pembangunan yang berkelanjutan serius ke RPJMD yang telah ditetapkan,”tegasnya.

Emil tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran dewan Trenggalek yang sudah berjasa ikut memerankan tugas pokok fungsinya sehingga kendala yang ada dalam menjalankan pemerintahannya bisa berjalan dengan baik dan nyaris tak ada kendala berarti.

“Tanpa Dewan sebagai mitra , kita tidak akan bisa jalankan roda pemerintahan ini yang berimplikasi pada proses pembangunan,”katanya.

Pesannya pula , agar Wabup Moch Nur Arifin bisa menyelaraskan program yang akan secara otomatis dilanjutkan wabup untuk dikerjasamakan dengan dewan.

“Silakan pak wabup menjalin kemitraan yang baik dengan dewan untuk percepatan pembangunan daerah,”pungkasnya. (dik/ham)

WELAS ARSO
WELAS ARSO