Gandeng Sobatku, Baznas Ajak Masyarakat Menabung dan Donasi Secara digital

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra menghadirkan layanan menabung dan donasi secara digital, Sobatku.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengatakan pihaknya terus menggenjot kemudahan masyarakat berzakat dan donasi secara digital.

Menurutnya, zakat digital dimulai tahun 2017 memperoleh 2% dan tahun 2018 meraih 6%, sedangkan tahun 2019 ditargetkan memperoleh 16%.

“Kami sangat antusias untuk menyediakan layanan kemudahan berzakat melalui Sobatku. Semoga layanan ini dapat menjadi jembatan antara masyarakat yang gemar menolong, dengan sesamanya yang masih membutuhkan pertolongan,” ujar Arifin kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Ia mengungkapkan, layanan zakat di Sobatku makin mendekatkan Baznas dengan gaya hidup masyarakat masa kini.

“Dengan menambah layanan kemudahan zakat ini diharapkan dapat menambah semangat masyarakat dalam menunaikan zakatnya dan sekaligus membidik pencapaian zakat digital tahun 2020 sebesar 30%,” ungkap Arifin.

Sementara itu, Dodong Cahyono selaku Kepala Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati mengklaim Sobatku merupakan layanan tabungan online pertama yang diakui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu, Sobatku tak henti-hentinya melakukan terobosan-terobosan baru termasuk layanan pembayaran zakat dan donasi melalui Baznas yang hari ini kita resmikan. Selain itu, beragam layanan pun bisa dinikmati dengan harga termurah dan bahkan gratis. Layanan pembelian pulsa, pembayaran TV berbayar, top up saldo ojek online, transfer ke sesama pengguna Sobatku dan ke seluruh rekening Bank, semuanya dapat dinikmati dengan mudah dan cepat. Sobatku juga memberikan tarif termurah untuk transfer bank, pembayaran PLN, dan berbagai layanan lainnya,” jelas Dodong.

Pria yang pernah berkarir di Danamon Syariah ini menuturkan pengguna Sobatku bisa menabung secara online serta bagi yang berdonasi dan berzakat akan disalurkan melalui Baznas.

“Caranya cukup mudah, pengguna smartphone bisa mendownload Sobatku di Play store di android smartphone, kemudian tinggal pilih menu transfer dan isi nominal yang akan didonasikan, maka dana sudah diterima langsung oleh Baznas untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” tutur Dodong. @Rudi

WELAS ARSO