Menengok Perburuan Kerang Lorjuk di Pamekasan

salah satu warga pencari kerang lorjuk di pantai Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan, Madura, Jawa Timur( Foto Nang_kanalindonesia.com)

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM: Kerang bambu atau orang Madura biasa menyebutnya lorjuk, merupakan sejenis hewan laut yang biasa dijadikan panganan baik berupa camilan renyah maupun soto khas Pamekasan, Madura Jawa Timur.

Harga lorjuk relatif mahal, karena proses perburuannya sangatlah susah dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan satu timba kecil lorjuk.

Pemburu lorjuk kebanyakan dilakukan oleh kaum hawa dengan berbekal ember kecil dan linggis lebar, para ibu-ibu mendatangi laut Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Dengan cekatan tangan-tangan mereka mulai menggali hamparan pasir laut untuk berburu kerang bambu atau yang biasa disebutnya lorjuk. Setiap lubang yang mereka gali belum tentu ada lorjuknya, meskipun ada hanya terdapat satu hingga dua ekor lorjuk saja.

Perburuan lorjuk ini biasa dilakukan jika air laut sedang surut, karena lorjuk hidupnya didalam pasir laut bukan di pantainya.

Seperti Asnati, salah satu pemburu lorjuk di laut Desa Lembung, jika musim seperti ini dirinya berangkat berburu lorjuk mulai subuh hingga siang hari. Selama 6 jam perburuan, Asnati hanya mendapatkan lorjuk ukuran kecil sebanyak satu timba kecil atau setara dengan lima mangkok.

Lorjuk ini dijual ke pengepul dengan takaran mangkok, satu mangkoknya dihargai sepuluh ribu rupiah.

“Cari lorjuk. Iya setiap hari, setelah sholat subuh nanti selesai sebelum sholat dhuhur, itu sudah ada yang pulang. Satu wing(wadah bekas sabun colek merk wing) itu saya jual ke pengepul seharga Rp 10 ribu. Sehari kadang Rp 30 ribu kadang Rp 40 ribu,-,”ucap Asnati.

Sementara untuk lorjuk jenis jumbo, dijual ke pengepul dengan harga tiga ratus rupiah per ekornya.

Kerang lorjuk ini biasanya diolah menjadi soto khas Pamekasan, sebagai pengganti daging. Selain itu juga diolah dengan cara dikeringkan untuk dijadikan camilan.(Ifa/Nang)

WELAS ARSO