Uji Bom P-500 L dan Smoke Warhead Rocket Pesawat Sukhoi T-50i, 0806/ Trenggalek Himbau Masyarakat Untuk Tidak Melaut

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pengujian Bom P-500 L dan Smoke Warhead Rocket Pesawat Sukhoi T-50i, Rabu- Kamis ,(13-14/2) di perairan laut selatan, termasuk teluk Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jatim Komandan Kodim 0806 Trenggalek, Letkol Inf. Dodik Novianto, menghimbau kepada warga masyarakat khususnya nelayan di Trenggalek untuk tidak melaut sementara waktu.

“Kemarin kita sudah himbau jauh-jauh hari agar nelayan setempat tidak melaut,”ucapnya, Kamis, (14/2) di Trenggalek.

Hal tersebut beralasan, sebab sesuai hitungan , tetap savetynya haruslah yakin didapat serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Meskipun sasarannya di AWR Pandanwangi, namun bila pesawat dalam kondisi darurat, bom yang diuji akan dilepas di sekitar Pantai Selatan di Trenggalek,”tegasnya.

Letkol Inf. Dodik Novianto, melanjutkan pihaknya telah mendapat surat dari Lanud Iswahyudi, mengenai rencana pelaksanaan kegiatan mengenai tempat pelepasan bom darurat, dalam rangka uji dinamis Pesawat Sukhoi T-50i dari Lanud Iswahyudi.

“Sebelumnya kita telah sudah mendapat surat dari pihak Lanud Iswahyudi tempat mangkalnya pesawat tempur canggih milik TNI AU itu,” terangnya.

Rencananya titik sasaran pelepasan bom dan roket pesawat Sukhoi T-50i ini dilakukan di Pantai Pandanwangi Kabupaten Lumajang.

“Bila pesawat dalam kondisi darurat pelepasan akan dilakukan di sekitar wilayah Pantai Selatan di Trenggalek,” ungkapnya.

Dikarenakan waktunya belum detail pastinya,dan bisa sewaktu-waktu untuk peluncuran alutsista milik TNI itu, maka pihaknya meminta nelayan berhenti aktifitasnya untuk waktu tersebut.

“ Informasinya akan ada dua sampai tiga kali penerbangan dalam sehari, sehingga amannya sementara tidak melaut dulu,” harapnya.

Sementara batasan jarak yang diperbolehkan untuk melaut , hanya radius 8 km dari bibir pantai saja , selebihnya dilarang.

“Perlunya kita larang untuk mengamankan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tandasnya.(dik/ham)

WELAS ARSO