Bupati Emil Mundur, Wabup NurArifin: Kita Ikuti Sesuai Mekanisme

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak resmi mengundurkan diri dari jabatannya melalui sidang Paripurna DPRD setempat, Kamis, (14/2), Wakil Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengaku tinggal menunggu penetapan dirinya menempati posisi jabatannya sebagai apa.

Moch Nur Arifin juga mengaku telah menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Khofifah-Emil Dardak periode 2019-2024 di Istana Negara RI lusa yang lalu.

“Seperti biasa mekanisme kita ikuti dan kemarin kita juga hadir pada pelantikan beliau berdua di istana,”ungkapnya, Kamis, (14/2).

Sesuai aturan, menurutnya dirinya langsung mengambil alih tugas kekosongan jabatan bupati, dikarenakan mangkatnya Bupati Emil menjadi Wagub jatim sudah diatur dalam undang-undang karena termasuk berhalangan tetap.

“Jadi tugas bupati, sebelum adanya bupati definitif sementara saya ambil alih, itu otomatis sesuai aturan,’’terangnya.

Moch Nur Arifin, tidak mempermasalahkan dirinya nantinya diposisikan sebagai apa nantinya, karena baginya jabatan itu amanah dan yang terpenting bagaimana masyarakat masih senang dan cinta terhadap sosok kepemimpinannya.

“Kalau tanggungjawab pekerjaan , kita tetap bekerja sesuai aturan saja, yang terpenting masyarakat masih terlayani dengan baik dan masih membutuhkan saya untuk bersama warga membangun Trenggalek,”lanjutnya dengan nada promosi.

Dia menuturkan, proses pergantian dirinya menjadi Bupati , tetaplah melalui mekanisme dan tahapan sesuai aturan. Seperti pengunduran diri Bupati Emil Dardak seperti melalui sidang paripurna dewan, dan Moch Nur Arifin sebagai wakil bupati.

“Nanti usulan rapat Paripurna DPRD Trenggalek dibawa ke Gubernur Jatim dan diteruskan ke Kemendagri,”tuturnya.

Baru setelah itu menunggu turun SK pengangkatan Wabup menjadi Bupati Trenggalek dari Mendagri.(dik/ham)

WELAS ARSO