Peringati HPSN, Polres Bangkalan  Gelar Aksi Pungut Sampah  di Dermaga Ksmal

Foto: Yans_kanalindonesia.com)

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang jatuh setiap tanggal 21 Feruari. Ratusan anggota Polres Bangkalan Madura bersama anggota TNI, Lanal Batu Poron, ratusan pelajar dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta anggota Bhayangkari. Tumplek blek dan bahu membahu diseputar area fdermaga  Pelabuhan Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madiura. Lakukan aksi  bersih-bersih sampah, Kamis (21/2/2019).

Aksi peduli pungut sampah tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Bangkalan AKBP Bobby Paludin Tambunan, dibagi dalam beberapa kelompok. Terjun dan turun ke area pelabuhan hingga ke bibir pantai. Berhasil memungut dan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan dan memasukkan ke kantong plastik. Setelah penuh kemudian ditimbang sebelum di masukkan ke truk sampah yang sudah di siapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk di bawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Sedangkat total sampah yang berhasil dikumpulkan seberat 4,2 ton.

Kapolres Bangkalan AKBP Bobby Paludin Tambunan  saat dikonfirmasi para awak media mengatakan, selain untuk memperingati HPSN 2019, juga untuk memberi contoh dan mengajak masyarakat agar peduli dengan sampah. Serta tidak membuang di sembarang tempat khususnya di bibir pantai.dan diseputar dermaga pelabuhan Kamal.

“Kami berharap semoga aksi nyata ini dapat menggugah semua elemen masyarakat peduli dengan sampah, disiplin membuang sampah pada tempatnya, mengurangi konsumsi benda yang menjadi sampah sulit terurai serta mengajak masyarakat mengeluarkan ide kreatifnya. Agar bisa mengelola atau mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi bagi kehidupan manusia, sehingga hidup lebih sehat,” ucap Kapolres.Bangkalan.

Mantan Kasubdit III  Jantaras Polda Jatim ini menambahkan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini.Sengaja di tempatkan di area pelabuhan Kamal karena terlihat sangat kotor dan kumuh.

“Kami melihat dermaga Kamal dalam radius 100 meter dan sekitarnya sangat kotor. Mudah-mudahan aksi ini bisa menggugah kelompok masyarakat lain untuk berbuat yang sama. Peduli terhadap sampah demi kehidupan yang lebih sehat dan menjaga lingkungan bersih. Agar sedap dipandang mata,” pungkasnya. (yans).