Cegah DBD Meluas, RSUD Syamrabu Bangkalan Bagi – Bagikan Abate

BANGKALAN,KANALINDONESIA.COM: Untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meluas. Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan, bagi – bagikan abate kepada ratusan keluarga pasien dan pengunjung yang akan berobat atau memeriksakan kesehatanya di RSUD Syanrabu Bangkalan.

“Pihak Rumah Sakit membagi – bagikan abate kepada pasien dan pengunjung untuk disebarkan di bak kamar mandi  dan parit depan rumah masing – masing. Agar jentik – jentik nyamuk DBD mati,” terang Plt direktur RSUD Syamrabu Bangkalan, dr. Andri Eko Purnomo,Sp.P kepada sejumlah awak media saat meninjau penderita DBD di ruang Irna E  anak – anak, Jum’at, (01/03/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, pendeita DBD yang opname di RSUD Syamrabu Bangkalan, dewasa dan khususnys di dominasi anak – anak hingga akhir Februari 2019 berjumlah antara 100 – 200 pasien. Hal ini meningkat tajam hingga 200 persen.

Maka dari tu, selain mencegah DBD dengan 3 M ( menguras, mengubur dan menutup), pihak rumah sakit juga berinisiatif membagi – bagikan abate sebagai tindakan berjaga – jaga.

“Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” ucapnya.

Terkait dengan penetapan status Keadaan Luar Biasa (KLB), menurutnya, itu merupakan wilayah kewenangan Dinas Kesehatan (Dinkes). RSUD Syamrabu Bangkalan hanya sebatas memberi pertolongan dan mengobati.

“DBD dinyatakan KLB, itu wewenang Dinkes Bangkalan,” pungkas dokter spesialis paru – paru tersebut. (yans).