KPU Trenggalek Tegaskan Lima WNA Tidak Masuk DPT

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dengan ditemukannya data base yang memuat  lima Warga Negara Asing (WNA) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menyatakan kelimanya tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan dipergunakan hak pilih di kontestasi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 pada bulan April mendatang.

Disampaikan Suripto , Ketua Komisioner KPU Kabupaten Trenggalek, kelima WNA sudah terdeteksi pihaknya dan dipastikan tidak masuk dalam DPT yang menjadi kewenangannya.

“Tidak ada lima WNA itu di DPT Kami,”ucapnya, Rabu, (13/3) di Trenggalek.

Dikatakannya, setelah mendapat informasi keberadaan WNA di Dukcapil, juga telah lakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Kita lakukan koordinasi dan kita cocokkan data tersebut dengan validasi DPT yang telah kita punyai,”katanya.

Selain itu, dalam proses validasi DPT, pihaknya mengaku selalu berkoordinasi pula dengan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat agar tidak terjadi isu-isu yang menganggu kinerja lembaga yang ditunjuk negara untuk menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Dengan Bawaslu kita juga selalu intens berkoordinasi agar menjaga netralitas lembaga,”ungkapnya.

WELAS ARSO