BUMDes Kurnia Makmur Tingkatkan Perekonomian Desa

BUMDES : Cukup kreatif dalam mengembangkan usaha inovatif seperti BUMDes Karunia Makmur Desa Karanggeneng ini membuka usaha variasi, pemasangan audio, dan jok mobil. (Foto Mulyawan).

BOYOLALI – KANALINDONESIA.COM

Pemerintah Kabupaten Boyolali, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Dispermasdes ) meresmikan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Karunia Makmur Karanggeneng, Kamis ( 14/3).

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa.

Tujuan didirikanya BUMDes, yaitu Meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Dispermasdes Purwanto.

Purwanto menuturkan dari 261 desa di Boyolali, hampir separuh sudah memiliki BUMDes. Hanya saja sebagian masih dalam proses tahap awal, sehingga hasilnya belum terlihat.

” Kunci utama pada pengelola, kami optimistis BUMDes ini bisa berkembang,”ungkapnya.

Pihaknya sangat mendukung, Pemerintah Desa ( Pemdes ) Karanggeneng, Kecamatan Boyolali Kota terbilang cukup kreatif dalam mengembangkan usaha inovatif seperti BUMDes Karunia Makmur Desa Karanggeneng ini membuka usaha variasi, pemasangan audio, dan jok mobil. Usaha ini dibuka di Jalan Jendral Sudirman, kompleks Pemkab Boyolali.

“Usaha ini salah satu unit usaha BUMDes Karunia Makmur,” katanya

Sementara itu, Kepala Desa Karanggeneng, Suparji mengatakan BUMDes ini dari Pemdes menyertakan modal awal Rp 170 juta.

“Saya akan menggiatkan wisata desa lainnya, dikarenakan di desa Karanggeneng sudah terbangun Embung yang nantinya disekitar Embung akan ditanami tanaman buah buahan,”katanya.

Kedepannya nanti BUMDes yang ada di Desa Karanggeneng bisa mandiri tidak ketergantungan dengan bantuan bantuan dari Pemerintah. (Mul/eko )