Kunjungi Industri Pia, Nova Berbagi Ilmu Bisnis

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Novana Puspitasari, perempuan penggiat bisnis rupa-rupa ini kembali hadir di tengah-tengah ibu-ibu karyawati industri kue pia ‘Maharani’ di kawasan Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, tepatnya di RT 31 RW 11 Desa Gembleb.

Dia, yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Provinsi Jatim Daerah Pemilihan (Dapil) IX yang meliputi Trenggalek, Ponorogi, Pacitan , Ngawi dan Magetan serta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini membagi ilmu serta kiat bisnisnya yang cemerlang kepada karyawati di industri kecil tersebut, Kamis, (14/3) .

Nova , sapaan akrab perempuan yang dijuluki Srikandi Perjuangan ini disambut antusias di kalangan emak-emak yang telah menunggu beberapa saat dengan harapan ilmu berbisnis dari industri kecil bisa bersaing dengan pabrikan yang kini telah secara bebas berkompetisi.

“Tadi banyak pertanyaan dan kiat mengenai pemasaran produksi pia yang sekarang ini telah menggeliat di pasar lokal,”ucapnya.

Dikatakannya, walau tidak secara langsung menangani produksi kue kering yang kini telah digelutinya puluhan tahun, Nova masih mampu berinovasi di bidang usahanya itu melalui media online.

“Pabrik roti saya ada di lokasi jalan Setyabudi Kelurahan Ngantru dan sekarang pemasarannya lebih dimudahkan karena sekarang zamannya internet,”katanya.

Tak hanya itu, pola bisnis yang dilakukan era sekarang jika tidak mengikuti ketersediaan alat komunikasi berupa jaringan internet, maka akan tertinggal dengan bisnis yang skala kecil tapi kuat di medsosnya.

“Jika mau ibu-ibu bisa membikin sendiri usaha kecil di rumah masing-masing , seperti kuliner kesehariannya yang selalu dibutuhkan karyawan kantor dan pekerja saat jam sibuk,”tandasnya.

Pakailah gadget anda, masih keterangan Nova, untuk bermedia sosial yang dimanfaatkan pemasaran produk yang anda bikin di rumah, contohnya nasi pecel, ayam geprek dan aneka minuman.

“Kelihatannya sepele, semua bisa dibikin di rumah, tapi itu diperlukan masyarakat di era modern ini,”imbuhnya.

Diharapkan Nova, bisnis pia yang sudah berkembang dalam kurun waktu tiga tahun ini punya inovasi baru mulai dari varian, bentuk dan rasa.

“Agar tidak jenuh pasarnya, bisa lebih ada inovasi baru agar sesuatunya lebih menarik lagi dan tidak jenuh,”pungkasnya. (ham)

WELAS ARSO