BIG Gelar Rakornas Informasi Geospasial 2019

AKARTA, KANALINDONESIA.COM — Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, MSc secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial 2019 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Rakornas IG 2019 ini dihadiri para stakeholder yang bersinggungan dalam penyelenggaraan IG dari berbagai kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah.

Kepala BIG Hasanuddin ZA mengatakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 rentang Informas Geospasial (IG) bahwa BIG wajib melakukan langkah koordinasi kepada stakeholder berkenaan IG.

Menurutnya, fungsi BIG sebagai pelaksana koordinasi bidang IG juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 yang merupakan pelaksanaan terhadap UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang IG.

“Berdasarkan PP Nomor 9 Tahun 2014 itulah maka BIG memiliki kewajiban membuat sebuah rencana aksi yang dimaksud dan disusun pemangku kepentingan di bidang IG dan akan dievaluasi setiap tahun melalui sebuah Rakornas IG ini,” ujar Hasanuddin kepada Kanalindonesia.com disela Rakornas IG 219 di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Ia menjelaskan tema yang diusung adalah Pembangunan Berbasis Informasi Geospasial. Penyelenggaraan Rakornas IG Tahun 2019 ini, katanya, merupakan moment yang sangat krusial sekaligus penting karena merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

“Setiap kementerian atau lembaga perlu melakukan perencanaan dengan baik dan tepat dalam merumuskan setiap target kegiatan yang akan menjadi dasar pelaksanaan pada RPJMN 2020-2024,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya, BIG sudah melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Terbatas BIG-BAPPENAS-BPS pada tanggal 13 Maret 2019 bertempat di Hotel Grand Melia. Kemudian diadakan audiensi dengan Mentri PPN/Kepala Bappenas pada tanggal 14 Maret 2019 bertempat di Kantor Kementerian PPN/Bappenas.

Setelahnya diselenggarakan Rapat Pokja  dengan kementerian/lembaga terkait pada tanggal 14 Oktober 2019 di Hotel Royal Kuningan.

Kemudian diikuti dengan Pra Rakornas IG 2019 pada tanggal 19-20 Maret 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Hingga setelahnya diselenggarakan Rakornas IG Tahun 2010.

Dalam Pra-Rakornas 2019 pembahas mengenai usulan kementerian/ lembaga, sasaran pokok, rencana aksi, dan rekomendasi lainnya berupa kebijakan, SDM dan standarisasi.

Beberapa sasaran pokok dari Pra Rakornas IG yang telah disusun antara lain terpenuhinya ketersediaan peta-peta tematik untuk penyusunan dan penetapan tata ruang, penanganan bencana seluruh Indonesia, lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam, reforma, agraria, pertahanan, serta untuk pengelolaan wilayah perbatasan.

“Kami ingin data informasi yg diproduksi BIG dimasukkan di Inageoprtal dan di akses dengan mudah oleh masyarakat. Disisi lain, jumlah SDM Informasi Geospasial masih kurang. Indonesia defisit sebanyak 20.000 tenaga Informasi Geospasial dari lulusan SMA maupun Sarjana,” tutur Hasanuddin. @Rudi