Bawaslu Kabupaten Pamekasan Panggil Pelapor Dugaan Pelanggaran Pemilu

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM
Setelah sebelumnya dilurug oleh Puluhan Massa Tim pemenangan Probowo-sandi terkait laporan pengaduannya yang dianggap belum ada kejelasan tindaklanjutnya, Bawaslu Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akhirnya menindaklanjuti laporan pegaduan itu dengan memanggil pelapor.

Pemanggilan pelapor yang dilakukan oleh bawaslu kabupaten pamekasan ini dalam rangka menindaklanjuti laporan pengaduannya terkait kasus dugaan pelaggaran pemilu 2019.

Pemanggilan pelapor dengan saksi pelapornya ini, bertujuan untuk mengklarifikasi laporannya. Permintaan keterangan pelapor dan saksi pelapor, digelar secara tertutup dirungan pemeriksaan Bawaslu Kabupaten Pamekasan.

Sejumlah awak media, dilarang masuk ruangan untuk mengabadikan gambar. Pasalnya, dalam proses klarifikasi kepada pelapor dan saksi pelapor yang digelar secara tertutup itu sedikitnya ada sekitar 11 pertanyaan permintaan keterangan yang diajukan oleh bawaslu kabupaten.

“kami memintai keterangan kepada pelapor dan saksi pelapor itu berkaitan dengan dasar bukti-bukti yang dilaporkannya, salah satunya yakni barang bukti video yang mereka punya itu dari mana, dasar sebagai laporan pengaduan dugaan pelanggaran pemilu dari isi video itu apa dan lain lain,” kata Abdullah Saidi, Ketua Bawaslu Kabupaten Pamekasan kepada awak media.

Sementara secara terpisah, pelapor pengaduan dugaaan pelanggaran pemilu 2019, Khairul Kalam, Tim Pemenangan Pasangan Capres 02 DPC Partai Gerindra Pamekasan saat dimintai keterangannya oleh awak media, membenarkan bahwa dirinya telah diklarifikasi dengan berbagai pertanyaan oleh bawaslu kabupaten pamekasan prihal laporannya itu. Salah satunya yakni, darimana asal video yang dijadikan dasar bukti laporannya itu.

” Semuanya ada sekitar 9 pertanyaan yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten kepada saya mas. Di pemeriksaan tadi, hanya dilakukan oleh penyidik dari komisioner bawaslukab dan masih belum ada yang dari pihak aparat hukim,” terang Khairul Kalam, Pelapor pengaduan dari Tim Pemenangan dari partai demokrat pamekasan usai diperiksa komisioner bawaslukab pamekasn.

Klarifilasi terhadap pelapor dan saksi pelapor yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Pamekaan terkait laporannya itu, pasalnya masih terus akan dikaji oleh pihaknya. Sementara untuk agenda berikutnya yang akan dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Pamekasan, dalam waktu dekat juga akan melayangkan surat pemanggilan kepada terduga dalam laporan pengaduan itu untuk juga dimintai keterangannya. (IFA/NANG)