Jokowi Ungguli Prabowo di TPS Jubir BPN

Salah satu KPPS di TPS Desa Cukir, Kecamatan Diwek Jombang, saat menunjukkan hasil hitung perolehan suara pilpres

JOMBANG,KANALINDONESIA.COM :Perolehan suara pasangan Capres dan Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin ungguli atas perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Namun yang menarik adalah, letak TPS tersebut letaknya tak jauh dari kediaman juri bicara (jubir) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, KH Irfan Yusuf Hasyim.

Perlu diketahui bahwa TPS 17, lokasinya hanya terpisah satu rumah dengan kediaman Jubir BPN. Dan dari hasil perhitungan perolehan suara di TPS tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 161 suara disusul Prabowo-Sandiaga 55 suara. Sedangkan 5 suara, dinyatakan tidak sah.

“Iya tadi selesai dihitung. Kebetulan TPS ini hanya berbatas satu rumah dengan kediaman Jubir BPN pak Irfan. Kalau jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), ada sekitar 221,” ujar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 17, Suwardi, usai penghitungan, Rabu (17/4/2019).

Masih menurut penjelasan Suwardi, dari 221 orang yang masuk dalam DPT, didalamnya ada keluarga Gus Irfan. Bahkan, selain keluarga Gus Irfan, para santri Tebuireng juga turut terdaftar dantara 221 DPT yang ada.

“Kalau gus irfannya tidak nyoblos disini. Putranya saja, padahal waktu Pilkada kemarin, Gus Irfan mencoblos di TPS sini,” terangnya.

Selain di TPS 17, kemenangan pasangan Jokowi -Ma’ruf Amin juga ada di TPS 14, 15 dan 16, Desa Cukir Kecamatan Diwek, yang lokasinya berdekatan dengan komplek Pondok Pesantren (PP)  Tebuireng.

Di TPS 14, Jokowi – Ma’ruf Amin unggul tipis dengan suara sebanyak 96 suara. Sedangkan pasangan Prabowo -Sandiaga Uno, mendapatkan 67 suara.

Sementara di TPS 15,  Jokowi – Ma’ruf unggul sebanyak 103 suara disusul pasangan Prabowo – Sandiaga 53 suara. Sementara di TPS 16 Jokowi – Ma’ruf unggul 134 suara dan pasangan Prabowo – Sandiaga 59 suara.(elo)