Dewan Trenggalek Puji KPU dan Bawaslu

Samsul Anam Ketua DPRD Kab. Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: DPRD Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, melalui Ketua DPRD H Samsul Anam memberikan apresiasi hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019 Kabupaten Trenggalek yang dilakukan KPU Trenggalek, di sebuah hotel setempat, Senin (29/4).

Secara umum dinilainya proses rekapitulasi dalam pemilu di Trenggalek berjalan lancar. Kendati sempat ada penghitungan ulang hingga pemilihan ulang di TPS 3 Desa Timahan Kecamatan Kampak beberapa hari yang lalu.

Samsul mengatakan, pihak penyelenggara Pemilu tahun 2019 tentu sangat berat dengan sistem penghitungan yang berbeda dengan lima tahun lalu.

“Kita maklumi pekerjaan KPU dan Bawaslu Trenggalek sangat berat karena hitungannya berbeda,”ujarnya, Rabu,(1/5) di Trenggalek.

Kalkulasi itu akhirnya membuat penyelenggara harus menyesuaikan waktu dan pola yang dilakukannya.

“Kertasnya banyak, hitungannya berbeda, itu butuh waktu dan tenaga ekstra,”lanjutnya.

Tentu , atas kejadian banyak tenaga TPS dan PPK begitu juga saksi akhirnya meninggal dunia akibat kelelahan fisik beruntung setiap TPS yang jumlahnya lebih dua ribu itu telah disiapkan tenaga medis berikut ambulan.

“Di Trenggalek jauh hari telah disipakan bersamaan dengan tenaga keamanan maupun linmas serta lengkap dengan kesehatannya,”paparnya.

Sementara Moch Nur Arifin juga mengatakan, mungkin dalam pleno di tingkat kabupaten ini nanti diperkirakan masih ada yang mempertahankan suaranya, yakni dari saksi yang mungkin saja datanya bisa berbeda.

“Maka dari itu nanti kotak surat suara akan dibuka dan dilihat form C1 nya, dari situ pemantauan rekapitulasi akan dipantau para saksi. Secara proses jika dilihat saat ini semoga semua bisa berjalan denan aman, karena malihat pada waktu pemantauan di tingkat kecamatan juga berjalan aman,” pungkasnya.(ham)