Rumah Warga di Trenggalek Terbakar Saat Ditinggal Hajatan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Nahas menimpa Yudha Wirawan (30), warga  RT 1 RW  1 Desa Puru Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek,Jawa Timur. Pasalnya rumah satu-satunya terbakar akibat lupa mematikan kompor gas nya saat ditinggal memenuhi undangan  hajatan dari tetangga, Kamis (2/5).

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH melalui KSPKT C Aiptu Nyoto membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran rumah sekitar pukul 15.00 WIB dan diperkirakan kebakaran rumah tersebut disebabkan karena pemilik rumah lupa mematikan kompor gas saat ditinggal memenuhi undangan hajatan dari warga.

“Kejadiannya murni akibat kelalaian pemilik rumah,” tandasnyaa,Jumat,(3/5).

Dia memaparkan, laporan yang diterima pihaknya berbarengan saat dilakukannya patroli rutin anggota.

“Saya dan anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek saat itu sedang melaksanakan patroli wilayah dan diinformasikan bahwa ada salah satu rumah warga di Desa Puru telah terbakar maka kami segera menuju lokasi dan ikut berusaha memadamkan api,” ujar Aiptu Nyoto.

Aiptu Nyoto menjelaskan kronologis kejadian  sekitar pukul 15.00 Wib korban (Yudha Wirawan) pergi menghadiri undangan hajatan dari salah satu warga di Dusun Jajar Desa Puru Kecamatan Suruh.

“Korban meninggalkan rumah miliknya dalam keadaan sepi,”jelasnya.

Selanjutnya, saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dan seingat korban kompor gas dalam keadaan menyala karena habis digunakan untuk merebus air.

“Saat ditinggal korban sedang merebus air dan bewlum dimatikan,”lanjutnya.

Nyoto menambahkan, sekitar pukul 15.30 wib, Katimun yang merupakan tetangga korban melihat ada asap mengepul kemudian mencari sumber asap berasal dari rumah milik korban yang saat itu sudah terbakar.

“Mendapati rumah korban sudah terbakar Katimun (Saksi) memanggil warga untuk membantu memadamkan api yang masih menyala serta mengevakuasi barang-barang berharga yang masih dapat diselamatkan,”tuturnya.

Selanjutnya, api berhasil dipadamkan oleh warga bersama dengan petugas keamanan dari Polsek Suruh Polres Trenggalek dan Anggota Posramil Suruh.

“Kita bersama warga sekitar dibantu anggota Koramil setempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya samapi api dapat dipadamkan,”ujarnya.

Akibat dari kejadian itu korban mengalami kerugian Rp 15 Juta  dengan rincian bangunan rumah yang terbuat dari kayu serta dinding kasibot berukuran 6 M X 4 M, Kasur dan meja kursi terbuat dari kayu serta kompor gas.

“Total kerugiannya mencapai Rp.15 Juta,”pungkasnya.(ham)

 

Kemudian guna kepentingan penyidikan petugas mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) buah Tabung gas ukuran 3 kg yang sudah terbakar dan juga 1 (satu) buah potongan kayu panjang 1 (satu) meter yang juga sudah terbakar,” pungkasnya.