Seputaran Pendopo Trenggalek, Ramai Penjual Takjil Dadakan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Sudah dua hari, umat muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tepatnya 1440 Hijriyah. Bulan yang penuh keberkahan ini selalu dimanfaatkan setiap warga untuk beribadah dan mencari nafkah.

Bulan Ramadan, identik dengan para penjual makanan buka puasa (takjil). Para penjual takjil biasanya menjajakan makanan-makanan ringan seperti kolak,lauk pauk dan aneka makanan.

Sementara, meski belum masuk bulan puasa, tetapi beberapa penjual jajanan sore di seputaran jalan Pemuda atau sebelah utara Pendopo, milik Pemkab Trenggalek, Jawa Timur mengaku kalau telah mempersiapkan diri untuk menjemput rezeki di bulan puasa.
Salah satu penjual aneka makanan dadakan Sri Utami (42) warga Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek mengatakan telah menerima orderan beberapa pelanggan.

“Ada pesanan dari langganan saya yang biasa jajan kalau bulan puasa.Tumben dia pesan kue katanya buat buka puasa di rumahnya,” ujar Sri pada awak media di lokasi, Selasa,(7/5).

Menjelang bulan puasa,Sri Utami pun mengaku kalau semua jenis masakan hampir semua adalah barang titipan dari orang untuk di jualkan dan Sri Utami hanya meraup beberapa rupiah sebagai keuntungan.

“Hari biasa saya jualan dagangan dari titipan teman dan saudara,”akunya.
Sedangkan untuk bulan ramadan ini ini omsetnya malah meningkat signifikan dalam satu hari bisa mearup Rp 5 juta.

“Kalau puasa begini kita malah bisa untung lebih hingga jutaan,”terangnya.

Hal ini dikarenakan berbeda dengan hari biasa, pada bulan puasa, nantinya jajanan jualan Sri Utami akan lebih banyak ketimbang hari biasa. Jika pada hari biasa ia hanya menjual delapan jenis masakan, namun, pada bulan puasa, ia menjual hampir 15 jenis masakan.

“Tapi saya tetep bandrol jualan saya dengan harga biasa kok mulai dari dua ribu sampai lima ribu,agar semua pelanggan saya temu membeli dagangan saya,” kata dia.

Wanita yang mengaku sudah berjualan masakan dadakan sudah lebih lima tahun pada setiap bulan puasa, biasanya ia bisa mendapat untung dua kali lipat dari hari biasa

“Ya, mudah-mudahan bulan puasa ini bawa rezeki lebih buat saya dan keluarga,” ucapnya menyudahi.(ays/ham)