Jual Miras di Bulan Ramadan, Pria di Trenggalek Ditangkap

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Swd,( 55) warga RT 5/ RW 2 Desa Gayam Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terpaksa diamankan oleh aparat kepolisian Sektor Panggul, Polres Trenggalek.

Pasalnya, pria ini kedapatan menjual minuman keras (miras) jenis bir dengan timbunan puluhan krat di rumahnya tanpa izin kepemilikan dan opearional. Yang lebih memprihatinkan praktek jual miras ilegal tersebut berbarengan masyarakat yang khusk menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Kapolsek Panggul, Iptu Puguh Wardoyo mengatakan penggerebekan ke rumah tersangka itu sendiri dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat. Kemudian, petugas menindaklanjuti dengan menghimpun informasi di lokasi.

“Setelah cukup bukti, polisi segera melakukan penggerebekan,” ungkapnya,Rabu,(8/5) di Trenggalek

Tidak ada perlawan berarti pada proses penggerebekan tersebut. Polisi berhasil menyita barang bukti ratusan botol miras jenis Bir yang disembunyikan di rumah pelaku.

“Dari hasil penggeledahan petugas menemukan 1.357(Seribu tiga ratus lima puluh tujuh) botol minuman beralkohol merk bir bintang masing masing dengan ukuran 620 ML. 403 (Empat ratus tiga) botol Guines masing masing dengan ukuran 325 ML.,” ungkapnya.

Selanjutnya, Suwandi berikut barang bukti yang ditemukan dibawa ke Polsek Panggul dan akan dijerat Pasal 16 ayat ( 1 ) perda Kabupaten Trenggalek no.22 th.2016 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol, jo pasal 2 pasal 3 huruf F pasal 17 Permenkes Ri no.86/Men Kes/per/IV/1977 tentang Miras.

“Tentu akibat perbuatan pelaku akan dikenakan pasal pada perda dan permenkes RI,”tandasnya.

Dikatakannya, operasi miras ini dalam rangka Cipta Kondisi di Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriyah tahun 2019, dimana Polsek Panggul akan selalu menggalakkan operasi serupa demi menjaga kenyamanan masyarakat.

“Ingat miras adalah awal dari segala tindakan kriminalitas, ” pungkas Iptu Puguh.(ham)