DPRD Trenggalek Apresiasi KSB sebagai Benteng Bencana

Hadi anggota DPRD Kab.Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kampung Siaga Bencana (KSB) Sumbreng Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang menjadi percontohan bagi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) se Jawa Timur menjadi kebanggaan tersendiri bagi M Hadi anggota DPRD Kabupaten Trenggalek.

Pasalnya , dirinya yang ikut membidani terbentuknya KSB Sumbreng hingga lima tahun perjalanannya telah mampu memberikan sumbangsih kebencanaan kepada masyarakat khususnya Munjungan.

“KSB Sumbreng telah berperan aktif dalam mengmabil langkah strategis khususnya sosial dalam pola penanggulangan bencana,”ungkapnya,Rabu,(8/5).

Dikatakannya,menjadi tuan rumah simulasi siaga bencana mandiri dengan diikuti 20 Kabupaten dan Kota se-Jatim merupakan kebanggan bagi KSB Sumbreng dalam ikut membantu meminimalisir korban bencana di Trenggalek.

“Kebanggan tersendiri bagi KSB Sumbreng untuk menularkan ilmunya kepada Tagana di luar Trenggalek,”tuturnya.

Dikatakannya , di Trenggalek sendiri telah memiliki dua KSB, yakni KSB Sumbreng Kecamatan Munjungan yang telah berjalan sekitar 5 tahun dan KSB Kecamatan Panggul yang di gagas pada tahun 2018 kemarin.

“Kita punya dua KSB, yang Panggul masih baru,” ucapnya.

M Hadi menjelaskan atensi pada siaga bencana ini agar masyarakat untuk dididik agar tujuannya supaya bisa mandiri. Langkah tersebut sebagai upaya penanggulangan bencana pada saat awal terjadinya bencana.

“Memang jika terjadi bencana alam dan masyarakat hanya menunggu dari regu penolong, belum lagi ketika akses terputus dan lainnya maka akan terjadi banyak korban,”tandasnya.

Dia berharap, dengan adanya KSB ini maka mereka telah mempunyai lumbung sendiri, lumbung tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat mulai dari logistik hingga peralatan dapur.

“Kita yang di wakil rakyat tetap membantu agar masyarakat bisa secara mandiri menangani bencana juga masyarakat tetap punya rasa kesadaran jika wilayahn ya rawan bencana,”pungkasnya.(ham)