Baznas Support Mustahik Gelar Kampoeng Ramadhan

BOGOR, KANALINDONESIA.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus berkomitmen menyalurkan zakat, infak dan sedekah kepada yang berhak menerima atau mustahik agar penghidupannya menjadi lebih baik, baik penyaluran secara langsung maupun dalam berupa pembiayaan kredit dalam Baznas Microfinance Desa (BMD).

Kali ini kegiatan Baznas yang dilakukan adalah mensupport mustahik dalam acara Kampoeng Ramadhan yang diadakan di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor, Jawa Barat tanggal 8 – 12 Mei 2019.

Kepala Divisi Pendayagunan Baznas, Randi Swandaru, mengatakan event ini diselenggarakan untuk meningkatkan pendapatan usaha bagi pelaku usaha mikro mitra BMD dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan 1440 H.

Selain itu, di acara Kampoeng Ramadhan ini juga dimeriahkan oleh warga setempat yang menampilkan kasidahan dan marawis yang diikuti 15 tim santriwan dan santriwati desa setempat, talkshor tadarus mikro membahas menjadi pengusaha mikro yang hebat dibawakan oleh Ina Yuliana selaku Kepala Desa Jabon Mekar dan dari tim Baznas, pencak silat, serta  tausyiah dari ustadz setempat seperti Ustadz Rahman Nurhakim, Ustadz Ricky Yakub, Ustadz Abdurrahman dan Ustad Agus Idwar yang memberikan tausyiah juga menambah suasana lebih semarak.

“Acara Kampoeng Ramadhan ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para mustahik, karena terdapat bazaar yang menampilkan aneka produk hasil produksi para mustahik mulai dari makanan, pakaian hingga alat kebutuhan rumah tangga,” ujar Randi di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam (11/5/2019).

Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru didampingi Ustadz Agus Idwar saat diwawancarai wartawan mengenai Kampoeng Ramadhan di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu Malam (11/5/2019).

“Kampoeng Ramadhan juga diselenggarakan di Kecamatan Kuripan, Lombok, Nusa Tenggara Barat tanggal 11 – 15 Mei 2019, dan di Sigi, Sulawesi Tengah Desa Kabobona  tanggal 16 – 18 Mei 2019,” imbuh Randi.

Ia juga mengungkapkan Baznas melalui BMD memberikan kredit pembiayaan permodalan usaha sebesar Rp 2 juta kepada sekitar 300 mustahik warga Desa Jabon Mekar. Kredit ini disalurkan langsung melalui kelompok-kelompok usaha atau pengajian yang ada di desa tersebut.

“Semoga pembiayaan permodalan ini meningkatkan kehidupan para mustahik menjadi lebih baik,” harap Randi.

Sementara itu, Ina Yuliana selaku Kepala Desa Jabon Mekar mengaku senang atas hadirnya lembaga keuangan Baznas Microfinance Desa (BMD) dan acara Kampoeng Ramadhan yang berlangsung di daerahnya.

Menurutnya, lembaga BMD dapat membantunya dalam pemberdayaan masyarakat, terutama bagi para warga yang kurang mampu. Ia berharap setelah setelah kegiatan Kampoeng Ramadhan ini usai, lokasi ini bisa terus digunakan sebagai tempat usaha, tempat perputaran ekonomi. Sehingga dampaknya dapat dirasakan semua masyarakat.

“Alhamdulillah BAZNAS mendukung desa kami.  Cita cita kami telah tercapai atas kegiatan ini dan adanya BMD disini. Lapak ini akan kami optimalkan untuk aktivitas ekonomi warga di Desa Jabon Mekar,” tutur Ina Yuliana. @Rudi