Produk Foto Jurnalistik

foto diambil pada senin 7/9/2015 ( foto : Ian_KIcom)
foto diambil pada senin 7/9/2015              ( foto : Ian_KIcom)

KANALINDONESIA.COM : Seorang pengunjung memberi uang kepada anak usia (8) di pusat perbelanjaan Ramayana Gresik,Senin (7/9/2015).

Pada dasarnya semua foto yang dimuat di media massa disebut sebagai foto jurnalistik, termasuk foto-foto peristiwa yang tampil di media maya seperti internet. Artinya semua produk foto yang mempunyai nilai berita bisa disebut sebagai foto jurnalistik.

Namun dalam perkembangannya, kebutuhan foto jurnalistik tidak berhenti untuk kepentingan pemberitaan. Produk foto bernilai berita kini juga tampil dalam pameran-pameran foto atau lomba foto. Foto lingkungan hidup meliputi semua topik yang berkaitan dengan ekologi, termasuk yang menyangkut hubungan antarsesama manusia dan alam sekitarnya yang dapat menggugah kesadaran orang untuk peduli dan sampai ke level kesadaran sosial. Di mana masyarakat menjadi tergugah atas sisi kehidupan yang dijalani kaum yang lebih lemah.

Konotasi foto yang diambil berdasarkan pemaknaan objek foto yang ingin disampaikan oleh fotografer kepada orang lain.(lan)