Wilayah Jateng Jelang Lebaran 2019 Dipadati Sejumlah Pemudik 8,4 Juta Orang 

SEMARANG, KANALINDONESIA.COM: Pemudik Lebaran 2019 yang masuk wilayah Jawa Tengah diperkirakan bakal meningkat 18% mencapai sebanyak 8,4 juta orang, dibandingkan lebaraan tahun sebelumnya, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satrio Hidayat usai dialog bersama Parlemen Jateng dengan tema Mudik Lancar, Aman, dan Nyaman di Hotel Noormans, Kota Semarang, Rabu (15/05/2019).

“Sebagian besar pemudik akan menggunakan jalur darat,” ujarnya

Ditambahkan Satrio dari pemudik sebanyak 8,4 juta, tercatat 6,8 juta di antaranya akan menggunakan jalur darat yang memanfaatkan jalan tol sebesar 40%, jalur Pantura 27% dan sisanya melintas di jalur selatan.

“Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 8,4 juta pemudik, naik sekitar 14% – 18% dibandingkan lebaran 2018,” tuturnya

Untuk pengamanan, kata Satrio, mudik lebaran 2019 dari pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) siap menerjunkan sebanyak 22.000 personel.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmadja mengatakan sejumlah titik kemacetan  akan terjadi terutama di pintu keluar tol dan pasar tumpah. Di jalur ini akan mendapat pengamanan dan perhatian khusus dari petugas.

Menurutnya ribuan petugas akan disebar ke wilayah Jateng. “Polda Jateng akan menerjunkan 22.000 lebih personil Kepolisian untuk pengamanan Mudik 2019, yang dibantu instansi terkait dan di backup siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) sekitar 750 siswa,” ucapnya

Ditambahkan Agus baik jalur pantura, tengah dan selatan biasanya didominasi oleh sejumlah pengendara roda 4 seperti mobil dan roda 2 yaitu motor sehingga jalan macet dikarenakan ada pasar tumpah serta parkir motor sembarangan di pinggir jalan. (NDI)