WTL Dapat Hadiah Ratusan Juta dari Soetran Award

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Wisata Tebing Lingga, (WTL), yang keberdaannya di Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek, mampu juara pertama Soetran Award.

Wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata dengan dominasi kaum muda setempat itu kini berhak mendapatkan bantuan keuangan khusus dari Pemkab Trenggalek sebesar Rp 200 juta.

Plt Bupati Trenggalek, M.Nur Arifin mengatakan, hadiah yang diberikan agar memacu desa-desa lain maupun desa penerima award untuk terus menggali inovasi mengembangkan desanya demi kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi Wisata Tebing Lingga sebagai rumah kedua tempat menggali harta Desa Nglebo sangat layak untuk dinobatkan sebagai juara pertama Soetran Award,”ucapnya, Kamis,(23/5).

Era Presiden Joko Widodo, masih keterangan Arifin, mentargetkan perekonomian Indonesia, termasuk Trenggalek salah satunya digerakkan dari desa.

“Pemanfaatan Dana Desa untuk sektor perekonomian salah satunya untuk pengembangan potensi wisata yang ada di desa,”terangnya.

Sementara Fals Yudistira, Ketua Pokdarwis ‘Lambang Kuning’ mengatakan, Wisata Tebing Lingga ini berawal dari idenya bersama masyarakat dan tokoh muda di Desa Nglebo.

“Ide itu bareng-bareng dari pemuda,”ungkapnya.

Pihaknya berkeinginan untuk mengembangkan Tebing Lingga sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi wisatawan dunia.

“Kita punya potensi alam yang jarang dimilki daerah maupun Negara lain, khususnya yang memang menyukai panjat tebing,”jelasnya.

Berawal dari tekad dengan cara swadaya masyarakat di desa merubah lahan bekas tambang menjadi destinasi wisata yang cantik dan menarik.

“Kini kita telah menikmati hasil, banyak wisatawan luar negeri maupun domestic telah mengunjungi tempat kami,”pungkasnya.(ham)