Sejumlah Pewirausaha Di Lamongan Resmikan Paguyuban Dalam Tumbuh Kembangkan UMKM

(Sejumlah Pewirausaha Atau Pelaku Usaha Melakukan Sesi Foto Bersama). Foto_Fer

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Demi meningkatkan taraf pencapaian dalam menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sejumlah Wirausaha atau pelaku usaha Lamongan meresmikan sebuah paguyuban Wirausaha Megilan di Lantai dua Plaza Lamongan, Senin (10/6/2019) kemarin.

Peresmian Paguyuban Wirausaha Megilan diresmikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Lamongan M. Zamroni, S.Sos, MSi bersama Ketua Akademi Pelita Widhi Lamong, Ketua UKM Mandiri Jawa Timur, Ketua Koppela Lamongan, Ketua Wirausaha Perwira dan perwakilan dari Wirausaha AMJ.

(Sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganan (Desperindag), M. Zamroni). Foto_Fer

Dalam sambutannya, Zamroni mengatakan dimana UMKM di Lamongan mencapai kurang lebih 230 ribuan, sedangkan untuk IKM yang merupakan industri yang lebih spesifik mempunyai skala produksi mencapai kurang lebih 16.500 an.

Tentunya keberadaan paguyuban ini pihak desperindag bersama Sekda Yuhronur Efendi memberikan suport penuh demi menumbuhkan dan meningkatkan UMKM. Dengan begitu, paguyuban wirausaha terutama Pelita diharapkan bisa menjembatani juga mensuporti setiap kegiatan UMKM yang ada di Lamongan.

“Yang jelas adanya Paguyuban Wirausaha sangat tepat sekali, terutama selain dalam rangka pembinaan, pembinaan itu sendiri bermacam-macam baik pembinaan secara managemen maupun pembinaan kepada teknik usaha apa yang dilakukan UMKM tersebut, sehingga kita bisa memahami apa yang menjadi kendala dan harapan mereka agar bisa tertata dengan sebaik-baiknya sehingga bisa kita ketahui, kita bisa koordinasi dengan baik apa yang menjadi kendala mereka dalam berwirausaha,ā€ jelas Zamroni.

(Peresmian Paguyuban Wirausaha Megilan di Lantai 2 Plaza Lamongan). Foto_Fer

Harapan pemerintah dengan keberadaan pelita UMKM maupun sekolah bisnis, managemen bisnis dari teman-teman UMKM bisa membawa ke arah yang lebih baik dari sisi produksi, sisi pemasaran, sisi promosi tertata dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap nantinya ini dapat kompak bersama menumbuhkan dan meningkatkan UMKM di Lamongan,ā€ jelas Zamroni.

Sementara, Ketua UMKM Pelita Widhi menyampaikan upaya dari peresmian Paguyupan Wirausaha berguna menyatukan serta dapat memajukan UMKM dan KM.

“Banyak kegiatan UMKM di Lamongan akan kita semarakkan, ada La Mart bisa kita isi produk dari UMKM diseluruh kecamatan, sehingga La Mart akan lebih maju juga diminati masyarakat sendiri, dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat Lamongan,ā€ kata Widhi.

(Kepala Dinas Koperasi Anang Taufiq Turut Mengisi Acara dan Sharing Bersama Paguyuban Wirausaha). Foto_Fer

Selain itu, rangkaian acara kemudian di lanjut sharing bisnis UMKM bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lamongan, Anang Taufik, S.Stp, Msi. Dia juga menambahkan wawasan berwirausaha dengan baik dan benar serta berbagai suport pengalaman kepada sejumlah pewirausaha yang hadir dalam acara tersebut.

Jurnalis : Omdik/Ferry
Kabiro : Ferry Mosses