Beda Dengan KTP, Kecukupan Material KIA di Ponorogo Bisa Dikondisikan Daerah

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM:  Dinas Dukcapil Kabupaten Ponorogo saat ini mengalami kesulitan stock material KTPnya, karena ketersediaan stock material KTP tergantung pada pemerintah pusat.

Pengadaan material KTP ini, berbeda dengan program pengadaan material Kartu Identitas Anak (KIA). Dimana untuk KIA pemerintah punya kewenangan untuk melakukan pengadaan sendiri.

Dengan kewenangan tersebut, maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo bisa mengosisikan kecukupan  dan ketersediaan stock material KIA nya.

Pada awal di lounching nya  program KIA pada tahun 2018 lalu, pemerintah telah mensuport 30.000 unit material KIA ke Dukcapil ponorogo. Dan tahun 2019 ini Pemkab Ponorogo telah melakukan pengadaan material KIA sebanyak 20.000. Jumlah stock material KIA di Dukcapil sampai saat ini masih tersedia dan mencukupi untuk melayani mayarakat.

Heru Purwanto, Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo mengungkapkan,”material untuk KIA itu sangat tercukupi. Sehingga tidak ada kendala pencetakan. Setiap hari kapasitas cetak KIA di  Dinas Dukcapil Ponorogo mencapai 200-250 kartu. Karena pengadakn  bisa dilakukan,”ucapnya.