Antisipasi Penyebaran Virus Hepatitis A, Relawan Lintas Komunitas di Ponorogo Bagi Sejuta  Masker

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Puluhan relawan Lintas Komunitas di Kebupaten Ponorogo, melakukan aksi bagi- bagi masker , pamfled edukasi dan penggalanagan dana di seputaran alun-alun Ponorogo dan pasar Balong, Selasa(02/07/2019).

Relawan Lintas Komunitas yang terdiri dari komunitas anti kemiskinan, komunitas RAPI, komunitas Forum Masyarakat Sukosari membagikan 1 juta masker dan 2000 pamfled edukasi berisi tentang penyakit hepatitis A dan bahayanya kepada pengguna jalan di 4 titik di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Kordinator kegiatan Syayid Asfari menjelaskan,” aksi ini  merupakan kepedulian kami terhadap cepatnya penyebaran virus epatitis A di Pacitan,”ucapnya.

Aksi ini dilakukan karena adanya penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit  hepatitis A di Kabupaten Pacitan dan berdasarkan data  penderita penyakit hepatitis A di Kabupaten Pacitan yang terus meninakat bahkan diantarannya diisolasi untuk mencegah penularan lebih luas.

Kami berharap virus tersebut tidak sampai menyebar ke Ponorogo . sehingga bersama sejumlah komunitas membagikan masker dan selebaran yang berisi edukasi tentang penyakit hepatis A dan penyebaranya,”terang Syayid.

Bahkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur juga sudah memberikan peringatan kepada Kabupaten Ponorogo dan Trenggalek untuk lebih meningkatkan kewaspadaaan , mengingat secara geografis letak keduanya berdekatan dengan Kabupaten Pacitan.(ar)