Desa Kumpulrejo digegerkan dengan Penemuan Makam Kuno

Pemdes Kumpulrejo temukan Makam Kuno di Kebun Pisang.

KENDAL – KANALINDONESIA. COM

Penemuan makam kuno disebuah kebun pisang di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, mampu menggemparkan warga desa setempat dan sekitarnya. Kini, keberadaan makam yang belum lama ini ditemukan oleh warga itu setiap harinya selalu ramai didatangi oleh warga.
Makam tersebut disebut-sebut telah berusia ratusan tahun.
Catur (58) warga desa setempat mengatakan, bahwa makam yang belum diketahui tuannya, itu berada di area kebun pisang di RW2, RT1 itu. Makam yang terbuat dari batu tertata rapi dengan panjang satu meter lebih itu ditemukan terpendam di dalam tanah sedalam satu meter.
“Tempatnya banyak tanaman pisang. Kemudian berniat melakukan penggalian untuk parit, namun cangkul mengenai benda keras saya kira batu, karena penasaran tenyata cungkup makam. Kemudian saya panggil para warga untuk membantu penggalian,” katanya, Senin (8/7).
Ia menambahkan, saat ini bahwa warga sekitar tidak ada yang mengetahui kalau kebun pisang  terdapat sebuah makam. Menurutnya kebun pisang itu sebelumnya hanya lahan biasa yang kemudian jadikannya menjadi kebun pisang. Saat ditemukan makam dalam kondisi utuh rapi beserta kijingnya.
“Tidak tahu makam siapa, para warga pun juga tidak ada yang tahu,” Jelas Catur.
Sementara itu, Kepala Desa Kumpulrejo, Basuki mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan temuan tersebut kepada berbagai pihak. Laporan itu disampaikan agar mendapatkan penelitian lanjut terhadap makam.
“Sudah diberitahukan kepada pihak pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat penelitian purbakala untuk diteliti makam tersebut,”tuturnya.
Basuki menyatakan, sebelumnya pernah ditemukan beberapa makam kuno di wiliyahnya namun jaraknya cukup berjauhan.
 “Supaya tidak rusak karena banyak warga yang datang melihatnya sementara diberi pagar. Selain itu juga diberikan pengamanan (penjaga) agar tidak dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab,”jelasnya. (Eko)