Siapkan Pembukaan TMMD ke 105, Panitia Bersihkan Lapangan Upacara

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sedianya akan dibuka langsung Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya bertempat di Lapangan milik Pemerintah Desa Suren Kecamatan Bendungan, Kamis, (11/7) lusa.

Kesiapan yang dilakukan panitia setempat telah nampak sejak pagi dimana lapangan yang biasanya dipenuhi rumput yang tak beraturan disertai kondisinya yang bergelombang , kini telah berubah wajah jauh lebih mulus tanpa adanya lubang maupun rumput liar.

Nur Kholik, Camat Bendungan mengatakan kesiapan yang dilakukan pihaknya guna persiapan dibukanya TMMD ke 105 di Trenggalek dan kebetulan wilayah yang dipimpinnya kebagian jatah sasaran berlangsungnya kegiatan mengaku semangat dalam melaksanakan upacara pembukaan ini.

“Kami bersama warga telah menyiapkan sedemikian rupa termasuk kesiapan lapangan yang akan dipakai upacara,”ucapnya, Selasa,(9/7).

Begitupun infrastruktur seperti akses menuju lapangan termasuk jalan desa juga tengah dibersihkan dari rumput dan sampah.

“Masyarakat bersama TNI bergotong royong menyiapkan infrastruktur guna sambut pembukaan TMMD,”lanjutnya.

Dari pantauan tampak anggota Kodim 0806/Trenggalek dengan dibantu masyarakat, mereka terus bahu-membahu dengan penuh semangat dalam pengerjaannya.

“Mereka mengerahkan alat pemotong rumput dan gerobak dorong untuk mengangkut sampahnya,”tambah dia.

Terpisah, sebelumnya Pelda Pornomo,  Bati Komsos Koramil 0806/04 Bendungan melakukan apel pagi.

Kemudian dilanjutkan penyiapan lokasi rabat jalan di Jalan Nitri , tepatnya di RT 19/5 Dukuh Kalitelu, Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan.

“Kita lakukan persiapan membahas tentang langkah pengerjaan rabat jalan yang akan dilaksanankan di lokasi itu,”ucapnya.

Mulai dari kebutuhan material, peralatan, jumah anggota dan jadwal gotong royong warga.

“Kesiapan anggota juga menjadi hal penting,”tegasnya.

Bahkan langkah yang akan diambil untuk antisipasi juga dijelaskannya, seperti meratakan tanah agar badan jalan lebih datar.

“Kita pagi ini kegiatannya apa saja. Kita bagi setiap pos. Harus laksanakan sesuai perintah. Nanti rabat jalan itu diperiksa lagi  mana yang rusak dan lobang, “ tandasnya.

Kasmin,(46), warga setempat  mengaku sangat senang bisa bergotong-royong dengan anggota Kodim 0806/Trenggalek.

“Alhamdulilah senang Pak, bisa bekerja dengan Bapak-Bapak TNI yang penuh semangat ini,” ujarnya saat istirahat selesai membuang sampah.

Intinya, dia dan warga Bendungan  bangga dalam menyambut adanya kegiatan TMMD di desanya.(ham)