Kanit Intel Polsek Wringinanom: Seyogyanya APK Diturunkan Dulu.

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Bertempat di kediaman salah satu Calon Kepala Desa(Cakades) nomor urut 01 H.Mohamad Ali warga Dusun Sumber Rejo, Desa Sumber Waru, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Kanit Intel Polsek Wringinanom Aiptu Hariono menyampaikan himbauanya terkait alat peraga kampanye (APK) kandidat nomor urut 01 yang sudah terpasang di seluruh penjuru Desa Sumber Waru agar segera diturunkan sementara.

Dikarenakan, hal ini bersebrangan dengan Tata Tertib (Tatib) dari Panitia Pemilihan Kepala Desa di desa setempat. Disebutkan dalam tata tertib Pilkades di Desa Sumber Waru, bahwa masing-masing kandidat baru boleh memasang APK mulai tanggal 25 juli sampai dengan 27 juli 2019.

Namun, kandidat nomor urut 01 sudah memasang fotonya di seluruh penjuru desa.

Meski aparat kepolisian dan perwakilan Kodim 0817 Gresik mendatangi kediamanya untuk meluruskan Tata tertib PPKD yang ada, namun menurut Cakades nomor urut 01pemasangan APK itu adalah hal yang sah-sah saja.

“Sebetulnya kurang kedewasaanya panitia saja, bercermin dari desa-desa lain, setelah mereka mendapatkan nomor urut, besoknya mereka langsung memasang gambarnya di mana-mana, tapi,di Sumber Waru ini berbeda, kenapa kok harus menunggu tanggal 25 juni 2019 baru boleh memasang APK,”tandas H.Mohammad Ali mempertahankan prinsipnya.

Untuk menghindari ketidakharmonisan antara kedua pendukung Cakades, Kepala Unit Intel Polsek Wringinanaom mengatakan,”ini adalah sebuah regulasi Pilkades yang harus ditaati oleh semua kandidat Abah, kalau menurut njenengan hal ini adalah hal yang sah-sah saja, namun bagi kami(aparat) ketimpangan ini harus diluruskan, seyogyanya APK nya diturunkan dulu, supaya tidak memancing hal-hal yang tidak kita inginkan,”ujarnya dalam forum dengan nada santun.

Di hadapan jurnalis Kanalindonesia.com ia mengatakan,” ini adalah langkah pengendalian sosial preventif mas, Pilkades serentak di Kabupaten Gresik ini harus kondusif, terlebih Harkamtibmasnya demi ketenangan dan kenyamanan masyarakat untuk menuju Indonesia damai,”tegasnya.

Dan berakhir dengan diturunkanya sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) oleh relawan kandidat nomor urut 01 di berbagai titik.(Irwan)