Perbedaan dan Keindahannya

Oleh : Subadianto, Ketua Fraksi PAS DPRD Kab. Trenggalek

Indonesia ini adalah ibarat sebuah taman, setiap orang di dalam taman ini adalah sebuah bunga. Dan setiap bunga itu punya warna sendiri. Taman ini menjadi indah karena terlalu banyak bunga yang punya banyak warna di dalam taman itu.

Coba kita bayangkan kalau ada satu taman yang bunganya cuma satu. Apa indah taman itu? Juga coba kita bayangkan kalau bunga yang punya banyak warna itu, kita paksa melebur menjadi satu warna.

Bunganya banyak, tapi warnanya dilebur jadi satu. Bagus tidak? Bangsa ini menjadi indah, karena kita berbeda seperti bunga dalam taman.

Indonesia itu adalah masyarakat bunga.
Banyaknya etnis, agama, dan ideologi terangkum menjadi satu, dan kita hidup secara harmoni dalam satu wilayah yang sama. Kehendak untuk bersatu. Kehendak untuk hidup secara damai. Kehendak untuk menepis perbedaan, dan hidup dalam satu lingkar mufakat yang besar, dimana kita, insya Allah, tidak bisa dipecah-belah oleh bangsa-bangsa yang lain, menjadi masyarakat berperadaban tinggi dan maju yang berbasiskan pada: nilai-nilai, norma, hukum, moral yang ditopang oleh keimanan; menghormati pluralitas; bersikap terbuka dan demokratis; dan bergotong-royong menjaga kedaulatan Negara yakni dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disebabkan karena kita semuanya mempunyai nilai-nilai utama dan yang paling tinggi dari nilai itu yakni harmoni.

Satu hal yang bisa merusak kebersamaan dalam perbedaan adalah informasi yang salah.

Sebuah informasi seringkali menimbulkan perpecahan di kalangan umat. Karena itu, kalau ada sebuah informasi hal pertama yang harus kita lakukan adalah tidak mempercayainya sebelum ada bukti yang jelas. Bila kita langsung merespons berita atau informasi tersebut, karena kita bisa jatuh pada ghibah bahkan fitnah.

HUTke 4 kanalindonesia.com