Di Jombang, Ada Kuliner Kalkun Bumbu Rempah yang Memanjakan Lidah

Sajian kalkun bakar bumbu rempah lada hitam yang siap dimakan dan memanjakan lidah

JOMBANG,KANALINDONESIA.COM :Berbagai macam kuliner dari olahan daging unggas seperti ayam, bebek, itik, burung dara, dan entok mungkin masih terbiasa di lidah kebanyakan orang.

Namun, bagaimana dengan olahan daging ayam kalkun, yang dijadikan dengan berbagai macam bumbu rempah pilihan. Dan bagi penikmat sajian kuliner, perlu mencicipi olahan yang terbilang murah dan mampu memanjakan lidah.

Sajian ini bisa ditemui hanya di Resto Wong Agung Mataram, Jalan Nurcholis Majid, No. 1 Desa Cangkring, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di sini, para penikmat kuliner, bisa mencicipi kuliner daging ayam kalkun yang ditawarkan dengan berbagai macam olahan.

Di resto yang kental dengan nuansa tradisional jawa ala kerajaan itu, dapat ditemui olahan daging ayam kalkun dengan cita rasa yang nikmat di lidah dan berasa akan rempah-rempah khas masakan tradisional jawa. Seperti kalkun bakar madu, dan kalkun lada hitam.

Meski diketahui banyak orang, pada umumnya daging kalkun terkenal lebih besar dari jenis unggas lainnya, namun daging kalkun di resto tersebut dipastikan memiliki tekstur yang lembut dan mantap di lidah.

Untuk mengolah daging ayam kalkun agar bertekstur lembut dan tidak alot, daging kalkun dikukus atau direbus terlebih dahulu. Tidak lupa bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, kunyit segar, jahe segar dimasukkan untuk rasa gurih rempah pada daging kalkun.

Setelah ditiriskan, daging kalkun dipanggang melalui oven selama 2 menit dengan temperatur yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Tak lupa daging diolesi bumbu rempah yang dipadukan dengan garam, kecap manis, dan gula merah, serta madu, dan juga bumbu rahasia dari resto tersebut.

Saat matang, daging terlihat kecoklatan, dan aromanya sungguh menggoda. Dan yang membuat tampilannya cantik, sebelum disajikan daging kalkun disandingkan dengan garnish mentimun, selada air, tomat, dan dilengkapi dengan saus sambal ijo sebagai pelengkap.

“Proses pengolahan daging kalkun agar bertekstur lembut, terletak pada proses pemanggangan yang tepat perhitungan waktunya. Itu juga untuk memunculkan cita rasa yang pas gurih, renyah dan lembut,” ungkap Direktur Resto Wong Agung Mataram, Dwi Nandang Pangestuti, Sabtu (13/7/2019).

Daging kalkun bumbu rempah ini menjadi menu andalan Resto Wong Agung Mataram. Ada dua olahan masakan daging kalkun, yakni kalkun bakar madu yang dimasak dengan bumbu rempah dan dibakar dengan madu, kemudian kalkun lada hitam yang dimasak bumbu lada hitam.

Olahan kuliner daging ayam kalkun ini dipilih karena daging kalkun memiliki manfaat kesehatan yang cukup bagus. “Jadi kalkun ini kandungan seratnya tinggi, rendah kolesterol dan lemak jenuh. Yang pasti sehat, dan harganya terjangkau,” ujarnya.

Untuk masakan tersebut dibandrol dengan harga yang relatif murah. Untuk satu porsi paket hemat dengan ukuran daging kalkun 1,5 ons, penikmat kuliner hanya perlu mengeluarkan ongkos seharga Rp 33 ribu, dan sajian daging kalkun yang mantap rasanya, sudah bisa dinikmati.

“Kami berani bersaing. Harga kami terjangkau dan relatif bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat. Karena kami menyajikan kalkun yang berkualitas dan segar,” terangnya.

Kuliner daging kalkun dengan bumbu rempah ini selalu jadi menu yang kerap dipilih oleh pembeli saat makan di resto tersebut. Salah seorang pembeli asal Surabaya Ananda Almas (23) mengaku suka dengan masakan daging kalkun dengan bumbu rempah tersebut.

Kalkun bakar bumbu ladah hitam meniadi favoritnya setiap mampir ke resto tersebut. “Ini saya pesen kalkun bumbu lada hitam, favorit saya. Rasanya gurih terus lada hitamnya terasa banget, yang mantep sambalnya,” kata Amanda.

Selain itu Ananda mengaku bahwa, harga seporsi kalkun bakar ini dinilai cukup murah dan terjangkau. “Harganya sangat ramah di kantong ya. Saya sering makan di sini kalau dari Surabaya mau ke Kediri,” pungkasnya.(elo)