Pemdes Bulak Genjot Pembangunan RTLH Bagi Warga Tidak Mampu

Kades Bulak Zaenal Alimin tinjau rumah tidak layak huni (RTLH)

KENDAL, KANALINDONESIA. COM: Pemerintah Desa Bulak Kecamatan Rowosari mendapat bantuan rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Provinsi tahun anggaran 2019 dan Bantuan Keuangan Kusus (BKK) dari Disperkim anggaran 2019.

Kepala Desa Bulak Zaenal Alimin mengatakan, Bantuan Provinsi untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Bulak ada 3 tempat dan Bantuan Keuangan Kusus (BKK) ada 8 tempat.

“Warga yang mendapatkan bantuan (RTLH) yaitu 1. Parmi dusun Banyutowo RT03 RW05. 2.Suradi dusun Bulak ll RT04 RW02 dan 3. Ibnu Mundir dusun Bulak ll RT05 RW02. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga Bulak,”tuturnya, Rabu (17/7/2019).

Zaenal mengaku, dalam rehap rumah tidak layak huni terkendala dengan status tanah yang numpang, sementara aturanya mengharuskan tanah dengan hak milik, yang tanah numpang tidak masuk basis data terpadu.

“Iya betul, tanah harus milik sendiri tidak boleh pinjam atau sewa tanah yang ditakutkan setelah dibangun tanah tersebut diminta sama pemiliknya, ” Katanya.

HUTke 4 kanalindonesia.com

Zaenal mengatakan, pihak Desa akan terus mengupayakan agar rumah tidak layak huni (RTLH) yang belum dapat dari Banprov bisa dianggarkan lewat Dana Desa.

“Nanti untuk RTLH yang terkendala dengan lahan pihak Desa akan membangunkan rumah lewat Dana Desa dengan menggunakan bahan kayu agar bisa di pindah-pindah, ” Kata Kepala Desa Bulak Zaenal.

Sementara Suradi mengatakan, pihaknya senang rumahnya akan dibangun oleh Desa.

“Senang rumahnya dibangun oleh Desa, saya mengucapakan terimakasih kepada Pemdes Bulak yang sudah membangunkan rumah dan ini sangat bermanfaat bagi keluarga saya, ” Ungkapnya. (Eko)