Tim Kesehatan, Sigap Cek Kesehatan Warga dan Satgas TMMD 105 di Trenggalek

Timkes TMMD, CF: Serka Teguh Timkes TMMD 105 di Desa Dompyong Kec Bendungan Kab Trenggalek sedang cek kesehatan warga setempat, Kamis,(18/7)
Timkes TMMD, CF: Serka Teguh Timkes TMMD 105 di Desa Dompyong Kec Bendungan Kab Trenggalek sedang cek kesehatan warga setempat, Kamis,(18/7)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Tim Kesehatan (Timkes) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 105 di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur selalu sigap memeriksa kesehatan Satgas yang sedang bekerja dan warga sekitar dengan sistem jemput bola.

Apalagi kondisi cuaca saat ini tidak menentu, panas menyengat bila siang tiba dan udara dingin bila malam dan pagi hari. Kondisi ini tentunya dapat menjadikan satgas ataupun warga rentan terhadap penyakit.

Antisipasi akan hal ini, Serka Teguh bersama Koptu Puji anggota Timkes dari Pos Kes Kodim 0806 Trenggalek rutin melakukan pemeriksaan tensi kepada masyarakat dan Satgas. Mereka keliling dan berbagi obat kepada mereka yang sakit.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan diharapkan kesehatan satgas dan warga terjaga dan pelaksanaan TMMD berjalan lancar dan tepat sasaran.
Serka Teguh mengatakan pengecekan kesehatan ini   ditujukan untuk memastikan kesehatan semua kalangan, baik dari anggota Satgas TMMD dan masyarakat agar terjaga.

“Dengan terjaga maka mereka bisa efektif mendukung pelaksanaan TMMD di Trenggalek ini. Belakangan ini cuaca di Wilayah Trenggalek sering berubah –  ubah, hal ini tentu dapat menurunkan kondisi fisik satgas dan masyarakat,”katanya, Kamis,(18/7).

Dengan mempersiapkan secara dini melakukan Cek Up kesehatan, diharapkan bila daya tahan tubuh mereka melemah atau akan jatuh sakit dapat dengan cepat diobati,

“Prinsipnya semua diantisipasi,” tandasnya.

Timkes Satgas TMMD 105 di Trenggalek selain memberikan pelayanan kesehatan ke anggota Satgas juga kepada masyarakat umum. Setiap hari keduanya selain memiliki pos di Komando Taktis (Kotis) juga secara aktif berkeliling di seputar lokasi TMMD untuk mencari warga yang membutuhkan bantuan tenaga kesehatan.

Keberadaan Timkes Satgas TMMD 105 ini rupanya mendapatkan tanggapan positif masyarakat, yang memanfaatkannya untuk berobat secara gratis, seperti yang dilakukan Sukri, warga Desa Sumurup yang juga merupakan keluarga asuh TMMD.
Ia mengaku sering mengalami pusing-pusing dan kebetulan rumahnya didatangi Timkes.

Setelah dilakukan pemeriksaan, saya diberi obat-obatan dan vitamin guna memulihkan kesehatannya,”pungkasnya.(ham)