Darmawan Prasodjo: Infrastruktur Transportasi dan Energi Terbarukan Solusi Perbaikan Kualitas Udara di Jakarta

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Pembangunan infrastruktur untuk transportasi publik, mobil listrik, dan pemakaian energi terbarukan bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Darmawan Prasodjo dalam diskusi di stasiun televisi CNN Indonesia malam ini Sabtu, (27/7/2019).

“Pembangunan infrastruktur Jokowi, yang menjadi bagian transportasi publik, menjadi salah satu pemecahan masalah kualitas udara secara komprehensif dan permanen,” papar Darmawan Prasodjo yang merupakan Deputi I Bidang Energi dan Infrastruktur Staf Kepresidenan RI itu.

Dicontohkannya, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur seperti MRT untuk mengintegrasikan moda transportasi, bertujuan untuk mendorong publik untuk menggunakan transportasi umum. Keterbatasan infrastruktur jalan di Jakarta dan sekitarnya menjadi persoalan yang menciptakan kemacetan. Kemacetan menimbulkan kerugian yang luar biasa besar.

Darmo, begitu panggilan akrabnya, juga menyampaikan bahwa telah terjadi penundaan pembangunan infrastruktur MRT selama 25 tahun. Singapura sudah membangun infrastruktur secara masif pada 1980 untuk membangun konektivitas, dan mendorong penduduk Singapura untuk menggunakan transportasi publik.

Sementara itu penduduk Jakarta sebanyak 10 juta baru 40 persen yang menggunakan transportasi publik yang mengakibatkan kemacetan. Artinya 60�