RSUD dr H. Soewondo Terima Penghargaan dari Bapeten

KENDAL, KANALINDONESIA. COM: RSUD Dr H Soewondo Kendal mendapatkan penghargaan dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Rumah sakit milik Pemkab Kendal tersebut meraih penghargaan dalam bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir dengan kegiatan Radiologi Diagnostik dan Intervensional.

Wadir Pelayanan RSUD Dr H Soewondo Kendal, Rokhmat, mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan di Jakarta belum lama ini. Penghargaan diserahkan langsung kepala Bapeten Prof Dr Jazi Eko Istiyanto dan diterima Plt Dirut RSUD H Soewondo Kendal Haris Tiyanto.

‘’Pada Mei ada inspeksi dari Bapeten terkait tenaga nuklir dan hasilnya sangat memuaskan. Kami mendapat nilai 100, sehingga diusulkan untuk masuk nominasi penerima penghargaan,’’ katanya, Sabtu (3/8).

Dia mengatakan, proses penilaian cukup panjang. Dilihat satu persatu mulai dari standar keamanan hingga keselamatan penggunaan nuklir di rumah sakit.

‘’Selain rumah sakit, inspeksi juga dilakukan ke beberapa puskesmas yang menggunakan tenaga nuklir,’’ jelasnya di dampingi Humas RSUD Dr Soewondo Kendal Muhammad Wibowo.

Kabid Penunjang dan Peralatan Medis, Tri Haryani, menambahkan, penilaian tidak hanya pada fasilitas kesehatan, tetapi juga instansi lainnya yang juga menggunakan nuklir. Rumah sakit dinilai dari sisi fasilitas kesehatannya.
Penilaian tidak hanya dari sisi peralatan, tetapi juga perlindungan terhadap petugasnya.

‘’Petugas radiologi yang terpapar radiasi dari tenaga nuklir juga harus diperiksa kesehatannya. Hal itu agar petugas tetap aman dalam bekerja. Ada ambang khusus yang tidak boleh terlampaui,’’ ungkapnya.(eko)