PSU Empat TPS di Trenggalek Perintah MK

Suripto, Ketua Komisioner KPU Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Majelis Mahkamah Konstitusi (MK) telah memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek untuk melaksanakan penghitungan surat suara ulang (PSU)di empat TPS di daerah pemilihan Trenggalek 1, Provinsi Jawa Timur.

“Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek untuk melakukan penghitungan surat suara ulang pada TPS 4, TPS 12, dan TPS 20 Kelurahan Surodakan, serta TPS 12 Kelurahan Sumber Gedong, Kecamatan Trenggalek, terhadap perolehan suara seluruh partai untuk pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten Trenggalek, Dapil Trenggalek 1,” ujar kata Ketua Komisioner KPU Trenggalek, Suripto, Suripto,Jumat,(9/8) di Trenggalek.

Perintah penghitungan surat suara ulang tersebut setelah fakta persidangan di MK mengungkapkan bahwa adanya ketidaksesuaian data formulir model C1 DPRD Kabupaten/Kota berhologram dengan formulir C1 Plano Kabupaten/Kota Trenggalek.

“Adapun formulir tersebut terkait dengan perolehan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) selaku pemohon, di TPS 4, TPS 12, dan TPS 20 Kelurahan Surodakan dan suara tidak sah di TPS 12 Kelurahan Sumbergedong,”ungkapnya.

Selain itu, masih keterangan Suripto, menurut MK tidak mungkin terdapat perbedaan pada tingkat penghitungan suara yang sama atau di tingkat TPS terdapat dua perolehan suara yang saling bertentangan.

“Itu pembacaan pertimbangan dari MK,” ujarnya.(ham)