Kokkang Kenalkan Kartunis Kepada Pelajar

Kokkang pamerkan Karikatur Kartun Nasional.

KENDAL – KANALINDONESIA. COM

Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokkang) menggelar Pameran Kartun Nasional di Lapangan Futsal Tirtoarum Baru Kendal, Minggu (11/8).

Pameran bertema “Merajut Indonesia” ini diikuti 40 kartunis yang memamerkan 250 gambar kartun digelar selama tiga hari, Sabtu-Senin, tanggal 10-12 Agustus 2019.

Ketua Panitia, Agus Widodo mengatakan, pameran mengambil tema Merajut Indonesia, karena ingin menyatukan kembali persatuan Indonesia, yang sebelumnya melihat situasi politik yang memanas dan berpotensi adanya perpecahan.
Sebagai seorang seniman, pihaknya ingin mencurahkan tentang kondisi politik yang terjadi melalui lukisan karikatur yang diharapkan dapat menjadi warna tersendiri untuk meredam panasnya suhu politik.
“Kita sadar kembali, bahwa Indonesia ini negeri pelangi, yang terdiri dari berbagai macam ras, suku, bangsa ini harus menjadi satu yaitu Indonesia,” tandasnya.
Sementara itu Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Deseminasi Informasi Kantor Staff Presiden, Eko Sulistyo mengatakan, bahwa kritik merupakan pesan yang dapat ditampung, terlebih pemerintah sekarang bukan pemerintah yang antikritik.
Terkait dengan penyampaian kritik melalui media kartun ini akan memberikan nuansa berbeda dalam penyampaian kritik, karena dalam pesan yang disampaikan berisi makna teguran yang diwarnai dengan nuansa homor.
“Tema ini sangat bagus, karena merespon situasi akibat atmisfir politik yang penuh dengan ujaran kebencian dan fitnah. Kritik ini bukan ujaran kebencian. kritik juga bukan hoax, dan kritik melalui media kartun bisa menjadi semacam jamu buat menyampaikan kritik pada pemerntah,” terangnya.
Pameran akan digelar road show di 20 kota di Indonesia. Pameran terbuka untuk umum dan tidak ditarik tiket masuk alias gratis. Gelar pameran karton ini dimanfaatkan untuk launching Cartoon Magazine “Tawa Nusantara”.(eko)