Desa Pagertoyo Upacara HUT RI Berpakaian Batik

Kades Pagertoyo Sujarno menyerahkan hadiah lomba RT Paling Rame dan Bersih.

KENDAL, KANALINDONESIA.COM: Pemerintahan Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan menggunakan pakaian Batik, Sabtu (17/8). Hal tersebut untuk melestarikan budaya asli yang dimiliki bangsa Indonesia yang sempat di klem sama bangsa lain.

Kepala Desa Pagertoyo Sujarno mengatakan, dalam upacara HUT RI ini semua warga Desa Pagertoyo menggunakan pakain Batik dengan berbagai corak warna dan model Batik.

” Ini untuk membuktikan bahwa berbagai corak Batik semua yang ada dapat dilihat dan dirasa agar semuanya sadar bahwa Batik itu asli dari Indonesia, “ungkapnya.

Ia berharap seluruh masyarakat Pagertoyo dapat tergugah rasa Nasionalisme nya, tergugah untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

” Kita harus berbangga hati bisa mengenakan pakaian Batik karena itu milik bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikannya. Rangkaian kegiatan HUT RI diantaranya, jalan sehat, lomba-lomba dari anak-anak hingga bapak-bapak dan senam sehat ibu-ibu,” Kata Kades Sujarno.

Sofi salah satu warga mengaku senang bisa mengikuti upacara HUT Kemerdekaan di Desa sendiri dengan menggunakan pakaian Batik.

” Seluruh warga sangat senang mengikuti upacara apalagi menggunakan pakaian Batik dan adat Jawa, selain itu setelah upacara ada lomba jalan sehat yang hadiahnya menarik, ” Ujarnya.(eko)