Begini Cara Aktifkan Fitur Finger Print di Aplikasi WhatsApp

KANAL TECHNO: Aplikasi pesan singkat WhatsApp tengah menguji coba penguncian sidik jari (finger print) untuk ponsel Android dalam aplikasi versi beta terbaru.

Sebelumnya fitur ini telah meluncur untuk perangkat iOS. Fitur berupa penguncian sidik jari diuji coba dalam WhatsApp for Android Beta v2.19.221.

Apabila pengguna pilihan penguncian sidik jari tidak ada dan tidak sabar untuk mencoba fitur ini, pengguna disarankan untuk melakukan pencadangan pesan dan melakukan instal ulang aplikasi.

Setiap kali Anda menginstal ulang WhatsApp, konfigurasi terbaru dari server diunduh yang kemungkinan berupa fitur tersebut. Namun, apabila fitur itu tidak ada maka pengguna harus menunggu WhatsApp for Android versi 2.19.221 meluncur secara resmi.

Versi sebelumnya sesungguhnya mungkin juga akan mendapatkan fitur penguncian sidik jari ketika versi terbaru yang berisi fitur tersebut meluncur.

Akan tetapi, WhatsApp biasanya memasukkan fitur terbaru yang berisi perbaikan bug dan peningkatan  fitur dalam pembaruan terbaru.

Dilansir dari XDA, fitur penguncian bisa dinikmati oleh pengguna Android dengan sistem operasi Android Marsmallow keatas. Tentu saja perangkat ponsel juga harus memiliki pemindai sidik jari untuk menggunakan fitur ini.

Pengguna bisa menggunakan fitur ini di dalam WhatsApp Settings > Account > Privacy > Fingerprint Lock.

Mengutip WA Beta Info, saat fitur diaktifkan pengguna masih bisa membalas pesan melalui notifikasi yang masuk sehingga mau tidak mau pesan bisa dilihat apabila membuka aplikasi WhatsApp.

Aplikasi juga memungkinkan Anda memilih interval penguncian, tapi opsi interval dirasa terbatas. Pasalnya hanya ada tiga pilihan, yaitu ‘immediately’, ‘After 1 minute’, dan ‘After 30 minutes.

WhatsApp juga dilaporkan menggunakan API sidik jari dari Android, sehingga data sidik jari pengguna hanya digunakan di perangkat untuk autentikasi dan tidak dikirim ke server Facebook.