Polda Jateng Jamin Keamanan untuk Warga Papua yang Tinggal di Jateng

SEMARANG, KANALINDONESIA.COM: Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan Warga Papua yang khususnya tinggal di Jawa Tengah beserta mahasiswa yang sedang menempuh studi untuk supaya tidak ikut terprovokasi soalĀ  kerusuhan dan ikut turun ke jalanan.

Menurutnya, Polda Jawa Tengah beserta Pangdam IV/Diponegoro sudah berkomunikasi dan menjamin keamanan terkait masalah warga Papua yang berada di perantauan khususnya di Wilayah Jawa Tengah ini.

“Saya yakin Saudara kita dari Papua tidak akan terpancing emosi serta bisa damai, apalagi mayoritas masyarakat di Jawa Tengah ini damai semua dan sampai detik ini pasca pemilu kemaren juga berjalan aman,”ujarnya kepada media, ketika mengikuti kegiatan serah terima jabatan Kepolisian, di Gedung Borobudur Semarang, Selasa (20/8/2019).

Kapolda menuturkan apabila ada terjadi permasalahan alangkah baiknya bisa dikomunikasikan agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih parah lagi dari kejadian di Manokwari beberapa waktu lalu.

“Kami juga tidak pernah mempermasalahkan baik itu orang dari Sumatra, Aceh dan dari Kota lainnya, apalagi warga Jawa Tengah juga bertoleran kepada siapa saja dan kita semua satu bangsa serta berwarga Negara Indonesia,”ucapnya.

Kapolda menambahkan agar saling mawas diri dan intropeksi, Warga Jawa Tengah juga bisa merawat antar kerukunan umat beragama serta tidak ada yang dibeda-bedakan.

“Intinya sekali lagi, saya menjamin untuk Warga Papua dan Mahasisa yang sedang menempuh studi yang tinggal khususnya di Jawa Tengah aman dan jangan menambahkan provokasi yang bisa jadi masalah,”pungkasnya (NDI)