Festival Jaranan Turonggo Yakso ke 24 Trenggalek Dibuka

Joko Irianto, Sekda Kab Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Joko Irianto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek,Jawa Timur kembali membuka Festival Jaranan Terbuka ke-24, dalam rangka HUT ke 74 RI dan Hari Jadi ke 825  Kabupaten Trenggalek tahun 2019, Rabu (21/8) di Alun-alun setempat.

Festival jaranan terbuka ini, digelar rutin berbarengan dengan gebyar pasar rakyat yang berlangsung hingga tanggal 30 Agustus mendatang.

“Kita patut bersyukur ditengah serbuan globalisasi dan modernisasi kesenian jaranan tetap eksis dan mendarah daging pada masyarakat di seluruh lapisan usia, mulai anak-anak hingga dewasa,” terang Joko Irianto mengawali sambutannya dalam pembukaan festival ini.

Menurutnya kesenian jaranan muncul sekitar tahun 1.041, berawal dari kisah putri Kerajaan Panjalu, Dewi Songgo Langit yang membuat sayembara, barang siapa yang dapat membuat kesenian yang belum pernah ada di Pulau Jaeta maka ia akan menjadi suaminya.

“Dari sayembara inilah lahir kesenian jaranan di 34 daerah di Jawa Timur yang kesemuanya disesuaikan dengan daerahnya masing-masing termasuk dengan Turonggo Yakso khas Trenggalek,” terangnya.

Menurut Joko Irianto, Jaranan merupakan salah satu warisan kekayaan yang tidak ternilai harganya, sehingga wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya.

“Festival seperti ini akan sangat berkontribusi untuk mewujudkan Trenggalek MEROKET (maju ekonomi rakyatnya, organisasi/ orangnya kreatif dan ekosistemnya terjaga,” lanjut Sekda ini.

Dalam festival ini, Sekda Trenggalek menghimbau kepada seluruh stakeholder untuk mau bekerjasama dan bahu membahu dalam memajukan kebudayaan melalui event semacam ini, tandasnya.

Dalam festival jaranan terbuka kali ini, peserta dibagi menjadi dua kategori, umum dan pelajar dimana untuk umum diikuti oleh 9 peserta dari luar Trenggalek dan 25 peserta dari lokal Trenggalek yang nantinya akan dipilih 10 penyaji terbaik non Yakso dan 10 Yakso; 2 penata tari terbaik dan 2 penata iringan terbaik.

Sedangkan ditingkat pelajar, tingkat SD ada 6 peserta, SMP 7 peserta dan SMA/SMK 9 peserta.(ham)