Disparbud Trenggalek Gelar Festival Jaranan Terbuka ke 24

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur kembali menggelar Festival Jaranan Terbuka ke-24 tahun 2019, Rabu (21/8).

Agus Setyono, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan , mengatakan kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Trenggalek, Ir. Joko Irianto, M.Si.

“Sekda yang membuka festival ini,”ucapnya.

Ke-24 berarti festival ini sudah digelar selama 24 tahun, artinya usianya cukup matang dan melalui proses dan perjalanan yang cukup panjang.

“Makin variatif dan berkualitas,”tegasnya.

Festival jaranan terbuka ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 dan Hari Jadi Trenggalek ke-825.

“Temanya tetap di HUT RI dan Hari Jadi Trenggalek,”tandasnya.

Agus Setyono, yang juga pelaksana kegiatan ini menuturkan festival jaranan terbuka ke-24 ini dibuka untuk dua kategori, tingkat umum dan pelajar.

“Ada 36 group yang mendaftar di tingkat umum. 9 group jaranan dari luar Trenggalek dan 25 group lokal Trenggalek,” terangnya.

Ditambahkan olehnya untuk tingkat sekolah, SD/ MI 6 peserta, tingkat SLTP/ MTS 7 peserta dan SMA/MA/SMK 9 peserta yang kesemuanya dari sekolah di Kabupaten Trenggalek.

“Masih dengan berbagai kategori yang dilombakan,” imbuhnya.

Nantinya, masih ditambahkan Agus, dari seluruh penampilan peserta akan dipilih 10 penyaji terbaik Turonggo Yakso dan 10 penyaji terbaik non Turonggo Yakso, 2 penata tari dan 2 penata iringan untuk kategori umum.

Sedangkan di kategori pelajar dalam festival ini nantinya akan dipilih 5 penata tari tingkat SD, SMP dan SMA/ SMK/ MA, 5 penata iringan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK/MA.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek ini berharap dengan diselenggarakannya festival ini, kesenian jaranan yang telah mendarah daging di tengah masyarakat Jawa Timur dapat terus dilestarikan dan dijaga.

Selain itu diharapkan juga oleh Agus Setyono festival ini dapat mendukung pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Trenggalek.(ham)