MI Hidayatus Shibyan Kendalkemlagi Tampilkan Adat Dayak Dalam Pawai Budaya Perkemahan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Berbagai busana dan tampilan yang ditampilkan oleh para peserta Perkemahan Penggalang se-Kecamatan Karanggeneng, dalam pelaksanaan pawai budaya yang digelar oleh panitia perkemahan, Jum’at (23/8/2019) di Lapangan Desa Karanggeneng.

Pawai Budaya yang bertema Keanekaragaman Budaya Indonesia tersebut digelar dalam rangka rangkaian kegiatan perkemahan penggalang yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Karanggeneng yang kemarin dibuka oleh Camat Karanggeneng, Bakti Aprianto yang juga menjabat sebagai Kamabiran.

Dalam pawai budaya tersebut para peserta menampilkan aneka tarian tradisional dan pakaian tradisional yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah MI Hidayatus Shibyan Desa Kendalkemlagi, Kecamatan Karanggeneng yang memakai pakaian adat Kalimantan Selantan (suku Dayak).

Menurut pembina Pramuka MI Hidayatus Shibyan, Imam Haromen pemilihan pakaian adat Dayak yang dipakai oleh siswa MI Hidayatus Shibyan lebih bertujuan untuk meningkatkan pengenalan budaya yang ada di Indonesia selain budaya asalnya yakni Jawa.

“Selama ini anak-anak hanya tahu beberapa budaya saja dan mereka hanya sekedar melihat. Namun, kali ini mereka langsung mengenakan pakaian adat luar daerahnya,” kata Imam.

Selain mengenalkan ragam budaya di seluruh Indonesia, MI Hidayatus Shibyan ingin meningkatkan rasa cinta terhadap Indonesia sejak mereka masih anak-anak.

“Ketegangan di Papua kemarin jangan sampai terjadi lagi karena kita kurang bisa memahami arti persatuan dan toleransi terhadap suku bangsa lain,” Pungkas Imam.

Jurnalis : omdik
Kabiro : ferry mosses